Tangkal DBD Kawasan Serua di-Fogging

RICKY/ RADARDEPOK BASMI : Ketua RT5/1 Kelurahan Serua, Bojongsari, Kasminah sedang membantu warga untuk pengasapan di lingkungannya, kemarin.
RICKY/ RADARDEPOK BASMI : Ketua RT5/1 Kelurahan Serua, Bojongsari, Kasminah sedang membantu warga untuk pengasapan di lingkungannya, kemarin.
RICKY/ RADARDEPOK
BASMI : Ketua RT5/1 Kelurahan Serua, Bojongsari, Kasminah sedang membantu warga untuk pengasapan di lingkungannya, kemarin.

POJOKJABAR.id, DEPOK –  Meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) saat musim kemarau, Kelurahan Serua, Bojongsari gencar melakukan pengasapan atau fogging untuk mencegah meluasnya serangan DBD di pemukiman masyarakat.

Kemarin (31/8), sebanyak 65 rumah di Perumahan Griya Serua dan 60 rumah di perkampungan yang berada di lingkungan RT5/1 dilakukan fogging.

Ketua RT5/1, Kasminah mengatakan, fogging dilakukan atas permintaan warga untuk mengantisipasi DBD di wilayahnya. “Alhamdulillah, setelah melaporkan ke kelurahan langsung direspon dengan meminjam mesin fogging kecamatan,” kata Kasminah kepada Radar Depok.

Dia menjelaskan, warga yang difogging tidak dipatok harganya, hanya seikhlasnya untuk transport dan makan operator. “Sisanya paling untuk membeli solar, karena obatnya sudah disediakan pihak kelurahan,” tandasnya.


Sementara, aparatur Kelurahan Serua, Zainudin mengatakan, wabah demam berdarah ini tidak terlepas dari curah hujan dan pola hidup yang kurang sehat. “Agar jentik nyamuk tidak menyerang masyarakat, salah satu upaya yang kami lakukan yakni dengan melakukan fogging,” katanya.

Untuk mengantisipasi meluasnya penyakit ini, lanjut Zainudin mengatakan, Lurah Serua, Muhammad Yahya Tegus Santoso menghimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, diantaranya adalah melakukan kegiatan 3M.

“3 M itu meliputi menguras, menutup dan menimbun sampah yang dapat menjadi berkembang biaknya nyamuk,” tuturnya.

Selain itu kata dia, upaya lain yang dilakukan adalah menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dinding dan membiasakan diri menggunakan obat anti nyamuk pada saat melakukan aktifitas di pagi dan sore hari. “Ini untuk terhindar dari gigitan nyamuk,” tutupnya. (cky/radardepok)