Ribuan Warga Betim Jalan 5,2 Kilometer

SEMANGAT : Lurah Beji Timur, Dadi Rusmiadi saat melepas peserta lintas batas di depan kantor Kelurahan Beji Timur, Beji. Kemarin.
SEMANGAT : Lurah Beji Timur, Dadi Rusmiadi saat melepas peserta lintas batas di depan kantor Kelurahan Beji Timur, Beji. Kemarin.
SEMANGAT : Lurah Beji Timur, Dadi Rusmiadi saat melepas peserta lintas batas di depan kantor Kelurahan Beji Timur, Beji. Kemarin.

POJOKJABAR.id, DEPOK – Terik matahari yang membakar kaki tak memupus semangat ribuan warga Kelurahan Beji Timur, Beji saat lomba lintas batas berjarak 5,2 kilometer (KM), Ahad (30/8).  Giat terakhir dalam rangkaian menyemarakan Dirgayahu RI ke-70 ditutup dengan pembagian hadiah serta dooprize dipelataran Kelurahan Beji Timur.

Ketua panitia Hut RI ke-70, Gunawan mengatakan, lintas batas merupakan puncak rangkaian dari semua  kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Lintas batas merupakan kegiatan jalan santai dengan tujuan mengenalkan warga batas wilayah Kelurahan Beji Timur dan saling mengenal di wilayah di setiap RW. “Lintas batas ini bukan mencari menang atau kalah menuju garis finish, tetapi menanamkan silahturahmi antar warga dan kebersamaan,” ujar Gunawan kepada Radar Depok, kemarin.

Gunawan menilai, dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, banyak potensi yang terpendam di miliki masyarakat Kelurahan Beji Timur. Mulai dari anak muda yang memiliki olah vocal yang bagus saat mengikuti lomba menyanyi, kreativitas masyarakat dalam menghias lingkungan di tingkat RW, inisiatif warga memeriahkan peringatan upacara dengan menggunakan pakaian adat, hingga kalangan lansia ikut memeriahkan di setiap rangkaian lomba.

Masih dikatakan Gunawan, silahturmi warga dan kebersamaan jangan hanya saat mengikuti kegiatan. Namun, juga dilaksanakan di keseharian kehidupan warga, sehingga kerukunan warga tetap terjaga dan keamanan lingkungan tetap kondusif.


Lurah Beji Timur, Dadi Rusmiadi menuturkan, lintas batas memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan warga. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan masih ada warga yang tidak menyempatkan diri untuk berolahraga.  “Insya Allah lintas batas ini akan menyehatkan warga, apalagi sambil menghirup udara pagi yang masih segar,” terang Dadi.

Selain itu, sambung Dadi, lintas batas ini memberiakan pembelajaran kepada warga. Salah satunya mengajak masyarakat mengelilingi kelurahan yang memiliki luas kurang lebih seratus hektar, dan melihat kondisi wilayah Kelurahan Beji Timur sehingga warga dapat memberikan masukan dalam membangun disetiap sudut wilayah kelurahan.

Dilokasi yang sama, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Dedy Juansyah mengapresiasi masyarakat dalam  menyemarakkan rangkaian dari awal hingga akhir kegiatan peringatan HUT RI. Dan berterima kasih kepada donatur telah berpartisipasi menyediakan hadiah dan doorprize. “Rangkaian ini kami tutup dengan pembagian doorprize dan hadiah menarik, jangan melihat dari isi hadiahnya, tetapi niat baik yang kami tanam dalam kegiatan,” ucap Mono -sapaan akrabnya-.

Mono berharap, seluruh rangkaian yang telah diselenggarakan bermakna bagi masyarakat, dan pihaknya akan berusaha penyelenggaraan tahun depan lebih semarak lagi. (cr1/radardepok)