Gudang Arsip Ilegal Terbakar

HANGUS :  Bagian belakang bangunan yang digunakan sebagai penyimpanan arsip hangus terbakar, kemarin.
HANGUS :  Bagian belakang bangunan yang digunakan sebagai penyimpanan arsip hangus terbakar, kemarin.
HANGUS :  Bagian belakang bangunan yang digunakan sebagai penyimpanan arsip hangus terbakar, kemarin.

Lingkungan Tidak Tahu Pemilik Tumpukan Kontener

POJOKJABAR.id, DEPOK – Asap hitam membumbung tinggi di Komplek Perumahan Kavling UI Timur Kelurahan Tanah Baru, Beji sekitar pukul 10:30 WIB kemarin. Tak ayal, penghuni yang berdekatan dengan pusat kebakaran di Blok K RT8/2 berhamburan keluar. Diduga, kebakaran akibat konsleting listrik hingga menghanguskan seluruh kertas arsip milik konsultan keuangan yang hingga kini belum diketahui siapa pemiliknya.

Ketua RT2/8 Tanah Baru, Hendra P menjelaskan, saat berada di rumah melihat kepulan asap membumbung tinggi, dengan inisiatif cepat dia mencari sumber asap yang dilihat. Setelah ditelusuri, kepulan asap berasal dari bangunan yang digunakan sebagai gudang arsip yang dimiliki konsultan keuangan. “Saat melihat kebakaran saya bersama warga berusaha memadamkan api. Kejadiannya sekitar 10:30 WIB, kami menduga kebakaran tersebut diakibatkan terjadi konsleting listrik” ujar Hendra kepada Radar Depok, kemarin.

Menurut Hendra, sebelumnya pernah dilakukan penegur terhadap gudang arsip yang berada diwilayahnya itu. Gudang tersebut hanya memiliki lahan, namun belum memiliki izin mendirikan bangunan. Dia juga sempat menanyakan beberapa warga di sekitar lokasi bangunan apakah sudah ada yang dimintai persetujuan izin lingkungan, namun banyak warga yang mengaku belum pernah merasa dimintai ataupun menandatangi suatu surat persetujuan lingkungan. “Dulu penempatan kontener dilakukan pada malam hari,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pekerja gudang, Alfen Jeni menuturkan, saat kejadian dia bersama temannya sedang melakukan pengerjaan finishing di dalam gudang. Saat sedang melakukan pengerjaan, salah satu dari temannya ada yang melihat dari belakang pintu kontener keluar asap. “Saat teman saya memberitahukan ada asap, kami langsung mengamankan benda yang dapat meledak, dan bergegas memadamkan api,” tutur Jeni.


Jeni mengungkapkan, setelah melihat asap dibagian pintu belakang, dia langsung mencari gurinda memotong gembok yang berada di pintu kontener, dan meminta bantuan warga memadamkan api yang mulai menjalar. “ Kami tidak mengetahui secara pasti gudang arsip ini milik siapa, kami hanya diminta melakukan beberapa pekerjaan finishing saja,” tutupnya. (cr1/radardepok)