Penetapan Hasil Coklit Dikawal Ketat

Foto.6.PanwasluPOJOKSATU.id, DEPOK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) berjanji akan memantau ketat rapat pleno penetapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, yang hari ini akan dilakukan di tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).
Ini erat kaitannya lantaran panwaslu menduga masih banyak wilayah yang belum lengkap dilakukan coklit oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).
Anggota Panwaslu Kota Depok, Elyas Tanta Ginting menuturkan, dalam rapat penetapan hasil coklit memang wajib dipantau secara ketat. Dia khawatir ada data yang dimainkan oleh oknum-oknum tertentu.
“Kami akan memantau secara ketat proses tersebut,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.
Menurutnya, data hasil coklit sangat rentan ‘dimainkan’, sehingga nanti bisa menciptakan masalah baru di perjalanan pilkada.
Untuk itu pihaknya mencoba untuk mencegahnya potensi tersebut dengan memperketat pengawasan di semua tahapan, baik oleh KPU maupun jajarannya. “Ini sebagai bentuk pencegahan tindak kecurangan yang kami lakukan,” tegasnya.
Elyas menegaskan, data juga merupakan salah satu hal yang sangat cepat dilakukan manipulasi, sehingga penanganan terhadap pendataan tersebut harus benar-benar dilakukan dengan ketat.
“Agar semua data yang dihasilkan dilapangan bisa sama dengan data yang di catat dalam kertas,” ucap dia.
Sementara itu, Ketua Panwascam Sukmajaya, Andriyoko menjelaskan, ia akan melakukan pengawasan ketat di wilayahnya. Ia bahkan akan mengerahkan semua personel, mulai dari Panwascam dan PPL yang ada di wilayahya. “Saya akan menyaksikan proses tersebut (pleno coklit,” tukasnya. (yan/radardepok)