Tanah Baru Sediakan Tempat Merokok

FASILITASI : Warga dan staf kelurahan saat memanfaatkan tempat khusus merekok di salah satu sudut halaman kantor Kelurahan Tanah Baru. Jumat (21/8).
FASILITASI : Warga dan staf kelurahan saat memanfaatkan tempat khusus merekok di salah satu sudut halaman kantor Kelurahan Tanah Baru. Jumat (21/8).
FASILITASI : Warga dan staf kelurahan saat memanfaatkan tempat khusus merekok di salah satu sudut halaman kantor Kelurahan Tanah Baru. Jumat (21/8).

POJOKSATU.id, DEPOK – Keberadaan pemuda baik dalam pemerintahan maupun pembangunan tidak bisa dilepaskan. Namun sayangnya, Pemkot Depok belum terlalu memberikan ruang bagi pemuda, sehingga mereka tenggelam dalam persaingan di era sekarang ini.

Karenanya, organisasi karang taruna (katar) meminta kepada pemerintah, mulai dari tingkat kelurahan hingga kota, memberikan tempat bagi pemuda untuk berkreasi.

     “Pemuda memerlukan dorongan dari pemerintah. Karena kelanjutan kota ini kedepannya menjadi tanggung jawab pemuda,” kata Ketua Katar Kecamatan Sukmajaya Bagus Eta Kurniawan kepada Radar Depok, di sela pelantikan kepengurusan Katar Kelurahan Sukmajaya periode 2015-2018 yang dihelat di aula kelurahan setempat, kemarin.

Menurutnya, jika diberi ruang dan kesempatan yang besar, pemerintah dapat merangkul pemuda dalam proses pembangunan Kota Depok. Karena jiwa dan pemikiran pemuda dapat disinergikan dengan program yang digulirkan pemerintah.

“Selama ini justru sebaliknya, kita kurang mendapat perhatian lebih. Akibatnya, organisasi seperti karang taruna seolah vakum. Itu yang kami sayangkan,” katanya.


Dengan dilantiknya kepengurusan Katar Kelurahan Sukmajaya kiranya dapat membawa perubahan, terutama untuk lingkungan warga di Kelurahan Sukmajaya, dan Kecamatan Sukmajaya pada khususnya.

“Kami berterima kasih kepada Pak Camat, Pak Lurah, RW dan RT yang sudah menghidupkan kembali katar. Dorongan, dukungan dan masukan pasti sangat berharga. Yang terpenting dukungan ini jangan hanya cuma sesaat, tapi harus intens tetap berjalan,” ujar Eta.

Di kesempatan yang sama, Camat Sukmajaya Dadang Wihana menyatakan, dengan dilantikanya kepengurusan Katar Kelurahan Sukmajaya merupakan sebuah komitmen untuk pengabdian, khususnya di bidang kesejahteraan sosial yang dimotori pemuda.

“Semoga Katar Kelurahan Sukmajaya bisa membawa perubahan ke arah kebaikan dan dapat memproteksi pengaruh negatif di era keterbukaan saat ini,” ujar Camat.

Ditambahkan, pengurus katar harus bangga menjadi bagian dari organisasi ini. Sehingga kiprah yang diberikan dapat dirasakan oleh warga.

“Hidupkan kembali branding karang taruna agar setiap pemuda bangga menjadi bagian dari organisasi ini,” tandas Camat.

Sementara, Lurah Sukmajaya Achmad Munandar berharap dengan terbentuknya katar bisa mensinergikan program pemerintah yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Sebagaimana tugas pokok dan fungsinya.

“Pengurus yang sekarang diharapkan berkonsolidasi dengan katar tingkat RW untuk membuat program yang menyentuh pada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu contohnya menggali potensi atau sumber daya manusia yang ada di lingkungan,” kata Munandar.

Selain berkonsolidasi dengan katar di tingkat RW, katar kelurahan juga harus sharing dengan katar tingkat kecamatan. Agar program yang dirancang dapat berjalan beriringan.

“Bagaimana mendukung program pemerintah, itu hal yang utama. Karena jelas, katar merupakan bagian dari pemerintah,” kata Munandar.

Pelantikan ini juga dihadiri Ketua LPM Sukmajaya Anwar Yudiono, ketua RW, perwakilan RT, tokoh masyarakat, dan Ketua PKK Sukmajaya Rostika, beserta kader. (ram/radardepok)