Semua Parpol Pengusung Sah

Foto.3.Politik.cPOJOKSATU.id, DEPOK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok memastikan bahwa semua surat rekomendasi dari semua partai politik (parpol) pengusung, yang mengajukan dukungannya ke pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Depok, adalah sah.
Hal itu diungkapkan Anggota Panwaslu Kota Depok, Elyas Tanta Ginting. Menurutnya, semua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik (parpol) yang mengusung pasangan calon, baik itu Dimas Oky Nugroho-Babai Suhaimi dan Idris Abdul Shomad-Pradi Supriatna, mengakui dukungan tersebut.
“Kami sudah lantongi surat pernyataan resmi dari DPP masing-masing parpol,” ungkapnya kepada Radar Depok, kemarin.
Lebih jauh, ia mengaku, dengan adanya surat tersebut, maka pnwaslu memastikan semua partai pengusung yang mengusung calon di Pilkada Depok adalah sah. “Bukti otentiknya harus dari DPP dan kami sudah memegang bukti itu,” katanya.
Dikatakannya, dalam proses verifikasi tersebut, pihaknya juga tidak merasa diperberat oleh pihak DPP. Semuanya cukup tranparan dan menyambut baik niat panwaslu.
“Semuanya menyambut baik niat kami,” cetus dia.
Ia mengaku, verifikasi tersebut -minta rekomendasi dari DPP- merupakan prosedur penting yang harus dijalani panwaslu untuk memastikan tidak ada kecurangan yang terjadi ditubuh parpol. “Kami harus jalankan aturan yang ada,” papar Elyas.
Terpisah, Ketua Bidang Kebijakan Publik DPD PKS Kota Depok, Muttaqim mengungkapkan jika pihaknya sangat mendukung langkah panwaslu dalam melakukan verifikasi ke DPP parpol terkait.
Karena hal itu untuk memastikan bahwa dukungan tersebut benar dikeluarkan oleh DPP parpol terkait. “Jelas itu memang harus dilakukan oleh Panwaslu,” ungkapnya.
Mantan Anggota DPRD Kota Depok ini bertutur jika dia merasa yakin dengan surat rekomendasi usungan yang diajukan ke KPU beberapa waktu lalu : direstui oleh DPP PKS.
“Kami juga sudah memastikan bahwa dukungan kami juga sudah direstui oleh DPP,” tukasnya. (yan/radardepok)