Hasil Coklit Tinggal Menunggu Upload Sidalih

Foto.4.Politik.dPOJOKSATU.id, DEPOK – Usai proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih rampung dikerjakan oleh Petugs Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP). Selanjutnya, tugas beralih ke tangan Operator Data Pemilih (ODP). Mereka bertugas mengipload hasil coklit ke sistem data pemilih (sidalih).
Anggota KPU Depok, Nurhadi menuturkan, semua proses coklit yang dilakukan PPDP di 11 kecamatan yang ada di Kota Depok telah selesai. Dan saat ini, proses input data ke sidalih masih berjalan.
“Kalau coklit sudah, sekarang tinggal upload data saja,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.
Ia menuturkan, Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di wilayah, harus aktif dalam melakukan proses penginputan data tersebut.
Bila perlu, para PPK-PPS menerapkan sistem jemput bola ke PPDP untuk mengambil data hasil coklit. “Jangan tunggu saja, segera jemput dan upload,” pintanya.
Ia mengungkapkan, jika PPK dan PPS aktif, maka proses penginputan data ke sidalih bisa berlangsung cepat. Sehingga, KPU dapat mengetahui jumlah data yang ada setelah proses coklit dilaksanakan.
“Saya minta PPK-PPS bergerak aktif,” tegs dia.
Lebih lanjut, kata dia, kini dirinya tengah mengunjungi semua PPK dan PPS yang ada di Depok, untuk memantau proses input data ke sidalih. “Agar proses tersebut bisa berjalan cepat,” pungkasnya. (yan/radardepok)