Hari Ini, Panwaslu Tentukan Nasib Partai Pengusung

POJOKSATU.id, DEPOK – Proses verifikasi keabsahan surat rekomendasi usungan dari partai politik (parpol) pendukung pasangan calon, hari ini akan segera diputuskan oleh Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok.

Dalam hal ini, terkait sah atau tidaknya rekomendasi yang diterbitkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tiap partai politik (parpol).

Anggota Panwaslu Kota Depok, Elyas Tanta Ginting mengatakan bahwa sampai kini pihaknya masih dalam proses menyelesaikan verifikasi. Dikatakannya, saat verifikasi, satu persatu kantor DPP parpol akan dikunjungi. Hal inilah yang tentunya memerlukan waktu khusus.

“Kami harus menunggu waktu dari DPP terkait, agar bisa ketemu,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.


Lebih jauh, ia mengungkapkan, sah atau tidaknya surat rekomendasi usungan yang diajukan, harus didukung oleh keterangan DPP partai terkait sebagai penguat. “Ya kami di panwaslu juga memerluykan keterangan resmi dari DPP partai,” ucap dia.

Elyas menargetkan jika hari ini semua DPP yang partai yang menjadi pengusung di pilkada, sudah ditemui oleh panwaslu. Sehingga, pihaknya akan bisa menentukan sah atau tidaknya surat rekomendasi tersebut hari ini juga.

“Besok (hari ini) kami akan cek apa saja peesyaratan dari DPP terkait,” katanya

Ditegaskannya, panwaslu akan bersikap tegas. Dalam artian, jika memang nyatanya DPP merasa tidak mengusung pasangan calon yang sudah didaftarkan, pihaknya tidak segan-segan akan memprosesnya sesuai prosedur.

“Bisa sampai ke pecoretan sebagai partai pengusung jika memang tidak ada keterangan resmi dari DPP,” pungkasnya. (yan/radardepok)