Berikan PR yang Banyak untuk Siswa

Biar Sibuk dengan Kegiatan Positif
Biar Sibuk dengan Kegiatan Positif
Biar Sibuk dengan Kegiatan Positif

POJOKSATU.id, DEPOK – Mengakali banyaknya aksi-aksi negatif yang dilakukan anak-anak sekarang ini, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Herri Pansila menghimbau kepada semua guru untuk memberikan ‘pekerjaan rumah’ (PR) yang banyak kepada siswanya. Dengan begitu, siswa saat tidak berada di sekolah, akan menjadi sibuk menyelesaikan PR yang diberikan gurunya.

“Dengan memberikan banyak PR yang diberikan kepada siswa, mereka akan menjadi sibuk dengan mengerjakan PR, dan mereka tidak akan memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang negatif,” ucapnya.

Herri menjelaskan, tetapi bukan artian PR yang selalu diberikan itu berkaitan dengan akademis. Tetapi, bisa juga PR yang berkaitan dengan non akademis. Misalnya, setiap siswa diberikan PR untuk membantu orang tuanya di rumah. Setelah itu, orang tua memberikan paraf, kalau memang benar anaknya telah membantu orang tua di rumah. Setelah itu, siswa melaporkan hal tersebut kepada guru. Itu termasuk PR juga untuk siswa.

“Guru harus lebih kreatif lagi, dalam pembentukan karakter siswa. Jangan hanya terpaku kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan akademis. Karena, siswa juga harus diberikan asupan kegiatan-kegaitan non akademis,” katanya.


Selain itu, Herri juga mengajak sekolah untuk lebih memajukan jam belajar, menjadi pukul 06:30, lebih cepat 30 menit dari biasanya. Ini berkaitan dengan mengantisipasi kemacetan-kemacetan di Kota Depok. Selain itu, untuk melatih siswa terbiasa bangun pagi, dan langsung melakukan aktifitas yang berguna.

“Anak-anak harus mulai dilatih dari sekarang tentang manfaat dari bangun pagi,” jelasnya. (peb/radardepok)