SMP Terbuka 12 Maju ke Nasional

BANGGA: Ketiga siswa SMP Terbuka 12 bersama guru menunjukkan piala juara II Lomojari tingkat Jawa Barat.
BANGGA: Ketiga siswa SMP Terbuka 12 bersama guru menunjukkan piala juara II Lomojari tingkat Jawa Barat.
BANGGA: Ketiga siswa SMP Terbuka 12 bersama guru menunjukkan piala juara II Lomojari tingkat Jawa Barat.

POJOKSATU.id, DEPOK – Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan tiga siswa SMP Terbuka 12 Depok dengan sukses meraih juara II dalam ajang Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dengan hasil tersebut, ketiga siswa kelas IX SMP Terbuka 12 Depok yakni Muhammad Romandika Pratama, Surya Rifki Fadillah, dan Wahyu Trianto berkesempatan mengikuti lomba tersebut di tingkat nasional.

            “Lomojari ini seperti cerdas cermat antar SMP terbuka. Semua pelajaran di sekolah, kecuali agama dan Bahasa Sunda. Di final, Depok kalah dari Kabupaten Sumedang,” kata Guru Pembimbing Esti Puji Rahayu kepada Radar Depok.

Dijelaskannya, sebelum maju di tingkat Provinsi, para peserta telah mengikuti tahapan seleksi mulai dari sekolah. Setelah dibentuk di sekolah, tim diikutsertakan dalam lomba di tingkat Kota Depok pada April lalu. Bersaing dengan empat SMP terbuka lainnya,  SMP Terbuka 12 meraih juara 1 dan berhak mewakili Depok ke tingkat provinsi.

“Prestasi ini tentunya merupakan sebuah kebanggaan bagi sekolah, membuktikan bahwa siswa SMP terbuka juga memiliki kemampuan dan prestasi, menjadi pengalaman berharga bagi para siswa, mengasah mental siswa tampil di depan banyak orang,” paparnya.


Prestasi yang ditorehkan ketiga siswa diharapkan bisa memotivasi seluruh siswa untuk bisa berprestasi di berbagai ajang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Terlebih, saat pelaksanaan kegiatan 17-an, ketiganya diperkenalkan oleh kepala sekolah di hadapan para siswa SMPN12 reguler.

Agar bisa meraih hasil maksimal di tingkat nasional, para siswa ini mendapatkan pembinaan dari sekolah, mulai dari dibuatkan soal-soal oleh para guru tiap mata pelajaran, diminta untuk membaca soal, hingga tanya jawab.

“Dua tahun lalu, SMP Terbuka 12 bisa masuk 8 besar di tingkat Provinsi Jawa Barat. Kita atur strategi agar bisa masuk final dan akhirnya bisa meraih juara II,” pungkas Esti.

Mewalili rekannya, Muhammad Romandika Pratama mengaku bangga dengan prestasi yang mampu diraih. Dirinya juga optimis akan mampu meraih hasil maksimal di tingkat nasional.

“Yakin bisa jadi juara karena mendapat dukungan dari semua teman-teman, arahan dari para guru. Kita juga terus memperdalam pengetahuan dengan menambah jam membaca dan diskusi,” tutur Muhammad Romandika. (eru/radardepok)