Jangan Takut Cantumkan Nama Sebagai Pelapor

Panwaslu Siap Proses Laporan yang Masuk

Foto.7.Politik.b
ILLUSTRASI

POJOKSATU.id, DEPOK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok memastikan bahwa semua aduan masyarakat terkait Pilkada Depok 2015 bakal ditindaklanjuti.
Sebab itu, panwaslu meminta agar masyarakat yang berniat mengadukan temuan laporan, tidak takut untuk datang ke Kantor Panwaslu Depok.
Anggota Panwaslu Kota Depok, Elyas Tanta Ginting mengatakan, di pilkada, masyarakat tidak boleh hanya sekedar menjadi penonton pasif. Sebab, keaktifan masyarakat -seperti membuat laporan dugaana pelanggaran- sangat diperlukan guna menjamin demokratisasi pilkada.
“Jangan mau jadi penonton saja. Karena ini tanggungjawab kita semua,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.
Menurut dia, masyarakat juga jangan hanya melaporkan pelanggaran dalam bentuk aduan saja. Maksudnya, harus jelas siapa pelapor dan apa pelanggaran nyang dilakukan, sehingga memudahkan bagi panwaslu untuk memprosesnya.
“Rata-rata menurut pengalaman, memang banyak masyarakat yang hanya datang dan takut untuk menyebutkan namanya,” ungkapnya.
Hal inilah, tambah Elyas, yang membuat kinerja dari panwaslu terhambat. Karena itu tadi. Panwaslu butuh data lengkap dari si pelapor. “Nama pelapornya tertera jelas dan juga masalah yang diadukan juga jelas.
Ia mengungkapkan, jika memang berkas pelaporan jelas dan juga pelapornya jelas, maka panwaslu pasti akan memproses laporan tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku.
“Kalau memang sudah lengkap dan berkas pelaporannya diterima kami tentu akan memproses,” tandasnya. (yan/radardepok)