Dewan Absen Berjamaah

FOTO 14.paripurna istimewa dewan sepi (2)
Ruang sidang tampak sepi

POJOKSATU.id, DEPOK – Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Depok kemarin benar-benar gistimewah. Ruangan sidang yang sejatinya diisi para wakil rakyat mendadak lengang. Yang tampak hanya segelintir anggota dewan. Pun di kursi gtribunh kanandan kiri yang biasanya terisi penuh oleh para pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi vertikal.

Praktis, tayangan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam sidang tahunan MPR/DPR/DPD yang ditayangkan melalui layar raksasa ruang paripurna DPRD Kota Depok, hanya disaksikan segilintir legislator. Pantauan Radar Depok di lapangan, hanya ada sekitar 15 dewan yang menghadiri paripurna istimewa.           Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Suparyono menyebutkan, ketidakhadiran para anggota dewan dalam rapat paripurna istimewa mencerminkan tidak disiplinnya dewan.

“Rapat ini kan setahun sekali, sudah seharusnya menjadi perhatian teman yang lain. Bagaimana rakyat mau mencontoh bila wakil rakyatnya saja tidak disiplin,” tutur Suparyono kepada Radar Depok, kemarin.

Badan Kehormatan Dewan akan segera mengambil sikap terhadap anggota dewan yang tidak menghadiri paripurna istimewa, salah satunya memberikan teguran.


“Meski secara kelembagaan rapat paripurna ini sah, tetapi ke depannya harus ada perbaikan,” harap Suparyono.

Selain itu lanjut Suparyono, pidato Presiden Jokowi kali ini berbeda dengan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang hingga berjam-jam.” Pidato Presiden Jokowi tidak sampai sejam, sangat sembentar, padahal momen ini yang kami tunggu-tunggu untuk menjadi acuan kami kedepannya,” terangnya.

Terpisah, salah satu anggota BKD, Farida Rachmayanti berjanji akan mengirim surat teguran kepada mereka yang tidak mengikuti rapat. “Ada beberapa teman-teman yang datang telat dan berbagai alasannya. Saya sendiri menghimbau agar hal ini tidak terjadi kembali,” ungkapnya.

Selama menjadi anggota BKD, kejadian sepinya paripurna baru ini yang terjadi. “Ada sekitar 15 orang yang hadir, tetapi yang lainnya akhirnya menyusul walau pidato presiden telah berakhir,” pungkasnya. (bry/radardepok)