Bawaslu Ajak Ormas Awasi Pilkada

FOTO 4.aPOJOKSATU.id, DEPOK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mengajak seluruh organisasi masyarakat (ormas) serta mahasiswa untuk turut mengawasi jalannya pilkada serentak, tak terkecuali di Kota Depok.

Ajakan ini tertuang dalam seminar yang digelar bawaslu di Hotel Bumi Wiyata, kemarin siang. Acara ini sendiri mengambil tema ‘kerja sama pengawasan partisipatif dalam pemilihan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota dengan ormas dan perguruan tinggi’.

Anggota Bawaslu Jawa Barat, Yusuf Kurnia menuturkan, acara tersebut sengaja dilaksanakan agar organisasi masyarakat dan juga mahasiswa bisa ikut andil untuk melakukan pengawasan.

Ormas dan mahasisiwa, kata dia, merupakan dua elemen yang harus memiliki kontribusi besar terhadap pengawasan. “Dua elemen ini memiliki potensi besar dalam membantu kelancaran pilkada,” ungkapnya kepada Radar Depok.


Ia meyakini jika ormas serta mahasiswa bisa pro aktif untuk ikut mengawasi, Pilkada Depok dipstikn dapat berlangsung dengan adil dan demokratif.

“Tanpa adanya kecurangan ataupun hal hal yang dapat mencoreng nilai demokrasi, tegasnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, ormas dan mahasiswa juga harus menjadi motor utama, yang berani membuat aduan -ke panwaslu- jika memang menemukan adanya pelanggaran.

Jika itu dilakukan, beber dia, maka akan memicu keberanian juga di masyarakat pada umumnya untuk melapor. “jika tidak dicontoh dulu oleh pemuda seperti mahasiswa dan ormas, maka masyarakat akan mengikutinya,” katanya.

Ketua Panwaslu Kota Depok, Andriansyah mengungkapkan bahwa ia sangat berharap besar peran aktif dari ormas dan mahasiiwa untuk bersama-sama membantu korpsnya.

“Kami berharap besar bantuan dari mahasiswa dan ormas,” katanya.

Menurut dia, personel panwaslu yang terbatas untuk melakukan pengawasan, jelas membutuhkan bantuan dari masyarakat untuk berperan sebagai pengawas pula. “Jika dibantu oleh masyarakat, pengawasan akan lebih maksimal,” tandasnya. (yan/radardepok)