Warga Se-RT Rangkepanjaya Deg-degan

GRAFIS
MAU JEBOL : Lurah Rangkepanjaya, Dani Hamdani saat meninjau rembasan air situ asih yang di khawatirkan warga, kemarin.
MAU JEBOL : Lurah Rangkepanjaya, Dani Hamdani saat meninjau rembasan air situ asih yang di khawatirkan warga, kemarin.

POJOKSATU.id, DEPOK-Setiap hari sedikitnya 80 kepala keluarga (KK) Kampung Pulo RT6/8 Kelurahan Rangkepanjaya, Pancoranmas deg-degan. Keladinya, Situ Asih yang keberdaannya diatas pemukiman mulai mengeluarkan air. Ditengarai air tersebut berasal dari outlite yang belum lama ini diperbaiki.

Ketua RW8 Rangkepanjaya, Sainih mengatakan, awalnya rembesan air situ hanya sedikit, sehingga warga yang tinggal disekitar tidak merasa khawatir, karena dirasakan masih cukup aman. Namun, setelah berselang dua bulan, rembesan air situ semakin membesar dan warga mulai merasa deg-degan.

“Rembesan air situ saat ini makin besar, kalau dibiarkan saja dikhawatirkan turap di outline ini tidak akan kuat. Belum musim hujan saja sudah seperti ini, bagaimana nanti kalau musim hujan,” ujar Sainih kepada Radar Depok, kemarin.

GRAFIS
GRAFIS

Sainih menjelaskan, di RT6/8 terdapat sekitar 80 kepala keluarga yang tinggal. Sainih khawatir, apabila tidak segera dilakukan perbaikan, saat musim hujan nanti turap outline tidak mampu menampung debit air. Sehingga turap outline akan jebol dan air situ akan tumpah kepemukiman warga.

Dia membeberkan, sebelumnya 2013 Situ Asih pernah dilakukan pengerjaan perbaikan turap pinggir situ, namun tidak sampai selesai. Selain itu, Sainih pernah mengajukan pada saat musrenbang tentang perbaikan situ. Dan pada 2014 dilakukan pengerjaan turap outline, sama seperti kejadian sebelumnya, belum selesai pengerjaannya pemborong sudah menghentikan pengerjaan.


“Sudah dua kali pemborong kabur meninggalkan penurapan begitu saja, bahkan kami sampai menyita mesin penyedot air agar pemborong mau bertanggung jawab,” kesal Sainih.

Sainih berharap, Pemkot segera melakukan perbaikan turap yang mengalami kerusakan, dan lebih selektif dalam menunjuk pemborong melakukan perbaikan Situ Asih.

Lurah Rangkepanjaya, Dani Hamdani menuturkan, beberapa situ di wilayah Depok termasuk dalam katagori kurang baik. Salah satunya Situ Asih yang berada diwilayah kelurahannya. Dhani akan segera berkordinasi dengan mengirimkan surat kepada Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (Dibimasda) Kota Depok.

“Ini memang harus segera ditangani, terlebih Situ Asih berdekatan langsung dengan pemukiman warga,” ucap Dani saat meninjau rembesan air yang mengalir.

Dani meminta, warga yang berdekatan dengan situ agar selalu waspada, dia tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan. (cr1/radardepok)