Menpora-UI Sepakat Berantas Narkoba

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi
(Ilustrasi) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi

POJOKSATU.id, DEPOK Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyebut tantangan terbesar bagi generasi muda adalah masalah penyebaran narkoba. Ia mengakui narkoba sudah menyusup ke dunia kampus.

Karena itu Menpora mengajak tiap kampus untuk bekerjasama secara berkala menggelar tes urine kepada mahasiswa dan dosen. Selain masalah narkoba, ia juga mengimbau kampus harus mampu mencegah terjadinya radikalisme.

“Kampus sudah dimasuki narkoba, saya berharap Univesitas Indonesia (UI) sebagai kampus yang saya cita–citakan ini dapat bekerjasama dengan kami untuk melakukan uji tes urine bagi seluruh mahasiswa UI,” tegasnya dalam Seminar Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI) dengan tema “Kebijakan dan Langkah Strategis Dalam Pembangunan SDM Indonesia Unggul” di Depok, Kamis (13/8).

Menanggapi hal itu, Rektor UI Muhammad Anis menyambut baik ajakan Menpora meskipun UI sudah selalu melakukan kegiatan yang sama. Ia mengklaim UI sudah melakukan uji tes urine kepada mahasiswa dan dosen secara berkala dengan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).


“Kita sudah lakukan itu, kita sudah bekerjasama dengan BNN. Jadi bukan hal yang baru bagi UI,” ungkap Anis.

Anis menyebut tes narkoba dilakukan tidak terjadwal. Jika sejumlah mahasiswa dicurigai pada tes awal, Anis menegaskan mahasiswa tersebut segera diproses.

“Tes urine tidak setiap saat terjadwal tapi random. Kalau semuanya serentak enggak bisa juga, dananya dari mana? Siapa yang mau kasih biayanya per orang Rp500 ribu, di sini ada 49 ribu mahasiswa, intinya kalau terbukti kita dalami,” tegas Anis. (kan/radardepok)