Kloter Pertama Dilepas 26 Agustus

RAPAT PERSIAPAN: Kasi Pemberangkatan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Kota Depok tengah memaparkan tahapan persiapan pemberangkatan Jamaah Calon Haji, berlangsung di Balaikota Depok, kemarin.
RAPAT PERSIAPAN: Kasi Pemberangkatan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Kota Depok tengah memaparkan tahapan persiapan pemberangkatan Jamaah Calon Haji, berlangsung di Balaikota Depok, kemarin.

POJOKSATU.id, DEPOK – Sejumlah persiapan terus dilakukan Kementerian Agama menjelang pemberangkatan jamaah Calon Haji (Calhaj) Kota Depok. Salah satunya menegaskan kesiapan antara stakeholder, mulai di tingkat pemerintah, kepolisian, TNI, hingga petugas lain yang terlibat membantu lancarnya keberangkatan Calhaj asal Kota Depok.

Terkait hal ini, Kasi Pemberangkatan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Kota Depok, Hasan Basri menyebutkan, keberangkatan kloter pertama Calhaj Kota Depok akan digelar pada 26 Agustus 2015. Dirinya meminta semua pihak saling berkoordinasi menyukseskan keberangkatan jamaah Calhaj.

“Haji itu bukan hanya urusan Kemenag, tetapi urusan semua pihak yang ada di lingkup Pemkot Depok,” tutur Hasan kepada Radar Depok, kemarin.

Hasan mengatakan, pada kloter pertama jumlah Calhaj yang akan berangkat mencapai 444 jamaah, dan diberangkatkan di Balaikota Depok selanjutnya menginap di embarkasi Bekasi. Sehingga esok harinya (27/8), jamaah langsung berangkat ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta kemudian terbang ke Jeddah Arab Saudi.


“Jamaah akan dilepas Walikota Depok,” kata Hasan.

Selain itu, Hasan berharap, semua pihak dapat berkerjasama dalam mempersiapkan keberangkatan jamaah, sehingga tidak ada lagi kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaanya.

“Saya sangat berharap semua saling membantu karena ini semua demi mensukseskan kebrangkatan jamaah haji, dan semoga para jamaah mendapatkan haji mabrur,” harap Hasan.

Terpisah, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail menuturkan, persiapan keberangkatan Calhaj Kota Depok sudah 90 persen, tinggal hanya menunggu keberangkatan.

“Semua telah disiapkan, akan ada 444 Calhaj yang dilepas di Balaikota,” ucap Nur.

Nur menegaskan, Pemkot Depok hanya memfasilitasi keberangkatan sedangkan pelaksana teknisnya semua kewenangan Kemenag. Namun, pemkot akan turut menyukseskan pemberangkatan seluruh Calhaj Depok. Dirinya berharap, pemberangkatan Calhaj kloter pertama berjalan lancar dan jauh dari kendala.

“Kami harap jamaah menjalankan ibadah dengan tenang, mendapatkan kesehatan dan hajinya mendapatkan haji mabrur,” pungkas Nur. (kan/radardepok)