Perda IMB Masuk ke BPPD

Nurhasyim : Ketua komisi A DPRD Kota Depok
Nurhasyim : Ketua komisi A DPRD Kota Depok
Nurhasyim : Ketua komisi A DPRD Kota Depok

POJOKSATU.id. DEPOK – Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2013 tentang Bangunan dan IMB yang diajukan Persatuan Pengusaha REI untuk direvisi karena dianggap memberatkan masyarakat mulai dikritisi DPRD Kota Depok.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Depok, Hamzah menuturkan, adanya revisi perda ini, berkat sebelumnya banyaknya laporan dari warga dan pengusaha yang merasa sangat memberatkan atas beberapa isi dari perda ini. yang diantaranya masalah luas tanah, pengurusan IMB yang tanahnya sudah harus bersertifikat dan lainnya.

            “Kami telah menerima surat Rekomendasi dai Komnas HAM, dan sebelumnya banyak keluhan dari masyarakat dengan adanya Perda ini,” ungkap Politisi Gerindra ini pada Radar Depok.

Kini rencananya revisi perda ini telah dibahas di Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) untuk nantinya di bawa ke tingkat Pansus September ini. “Pasti tidaknya perda ini bakal direvisi kita tunggu saja nanti hasilnya nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kota Depok Nurhasyim mengatakan, dirinya telah memberikan revisi kepada Badan Legislasi dan mendapatkan persetujuan untuk dibahas dalam Program Legislasi Daerah (Proleda).


Terkait jadwal pembahasan Porgram Legislasi Daerah, Nurhasyim mengaku belum bisa menentukan kepastiannya. “Memang belum dibahas di Badan Musyawarah. Akan tetapi, Badan Legislasi sudah menyetujui bahwa salah satu pasal di Perda No 13 Tahun 2013 itu direvisi dalam Proleda,” kata politisi Golkar ini,

Anggota Komisi A dari fraksi PDI P, Siti Sutinah mengatakan Perda NO13/2013 tentang Bangunan dan IMB ini sebetulnya telah dikaji semenjan setahun lalu, hal itu menurutnya tidak terlepas dari banyaknya usulan yang masuk. Bahkan dalam paripurna yang akan berlangsung Jumat (13/8), revisi Perda ini juga menjadi salah satu poin yang akan dibahas.

“Banyaknya usulan dan keluhan dengan adanya Perda ini membuat kami harus mengkaji ulang,” tukasnya.(bry/radardepok)