Berkas Pelaporan Masih Diperiksa

KARIKATUR : Harminus Kota, Ketua Bawaslu Jawa Barat.
KARIKATUR : Harminus Kota, Ketua Bawaslu Jawa Barat.
KARIKATUR : Harminus Kota, Ketua Bawaslu Jawa Barat.

POJOKSATU.id, DEPOK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, sejauh ini masih meneliti kelengkapan berkas laporan yang diadukan oleh Sekretaris DPC Partai Hanura Depok, Yoyo Efendi, Senin (10/8).
Diketahui sebelumnya, mantan anggota KPU Depok itu melaporkan adanya dugaan pelanggaran kode etik jajaran KPU ketika proses penerimaan berkas pendaftaran pasangan calon Dimas Oky Nugroho-Babai Suhaimi.
Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto mengatakan jika saat ini pihaknya masih mengecek kelengkapan berkas pelaporan tersebut, sebelum nantinya akan direkomendasikan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Sampai saat ini kami masih mengecek kelengkapannya,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.
Dikatakannya, bawaslu harus satu persatu mengecek kelengkapan laporan. Karena jika masih ada berkas yang belum dilengkapi, maka akan dikembalikan oleh DKPP. “Sebab itu (sebelum diserahkan ke DKPP), kami ingin memastikan kelengkapan berkas pelaporannya,” ujar dia.

Lebih jauh, sambung dia, jika dalam pemeriksaan oleh bawaslu ditemukan adanya kekurangan, pihaknya akan meminta pelapor (Yoyo) untuk melengkapi.
“Agar berkas tersebut bisa langsung di proses oleh DKPP,” cetusnya.
Nanti, tambah Harminus, setelah berkas disampaikan ke DKPP. Kemudian nkoprs yang dipimpin oleh Jimly Asshiddiqie itu akan membuat keputusan, apakah laporan itu akan disidangkan atau tidak.
“Nanti disidangnya kapan dan dimana, itu DKPP akan menginformasikannya kepada kami (bawaslu),” tandasnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, di dalam laporannya itu, Yoyo mempersoalkan sejumlah item dugaan pelanggaran kode etik, seperti menerima pendaftaran partai politik yang seharusnya tidak dapat mendaftar, menutup akses informasi publik, hingga dianggap melakukan tindakan yang menguntungkan partai politik tertentu. (yan/radardepok)