Panwascam Harus Peka Awasi Coklit

POJOKSATU.id, DEPOK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok mengimbau kepada semua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), untuk peka dalam mengawasi kegiatan pendataan yang dilakukan oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

Panwascam dituntut untuk mampu jeli disetiap kejadian apapun yang berlangsung selama proses Pencocokan dan Penelitian (coklit) data pemilih.

Seperti yang diungkapkan Anggota Panwaslu Kota Depok, Elyas Tanta Ginting. Menurutnya, dalam mengawasi proses coklit, panwascam harus kritis.

Jika menemukan pelanggaran ataupun kesalahan dari PPDP, maka harus ditegur oleh Panwascam. “Jangan takut menegur jika memang itu salah,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.

Ia mengungkapkan, sebagai pengawas, panwascam juga harus menyaksikan setiap proses yang dijalani oleh PPDP, sehingga tidak ada yang dismbunyikan antara PPDP dengan panwascam maupun PPL yang berada di lapangan.


Menurutnya, sejauh ini belum ada laporan atau temuan terkait proses coklit, baik dari warga maupun dari panwascam serta PPL yang berada di lapangan.

Ia menjelaskan, jika memang ada temuan, maka pihaknya tidak segan-segan akan menindaknya.

“Kalau ada temuan, maka kami akan mengkaji dan akan merekomendasikannya ke KPU,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Panwascam Beji, Yudi Haryadi mengaku bahwa pihaknya mengawasi ketat proses coklit yang saat ini dilakukan oleh PPDP.

Menurut dia, selain mematau kinerja PPDP, pihaknya juga akan membandingkan antara data yang dipegang panwascam dengan data yang dihasilkan oleh PPDP. “Data juga jelas kami bandingkan, jika memang tidak masuk akal kami akan selidiki kebenarannya,” beber dia.

Meski begitu, sejauh ini jajarannya juga tetap membangun koordinasi dengan PPDP yang berada di wilayahnya.

“Upaya ini (koordinasi) agar semua tugas yang dijalani oleh PPDP maupun panwascam bisa diselesaikan dengan baik,” tandasnya. (yan/radardepok)