KPU Depok Mau Dilaporkan ke DKPP

KARIKATUR : Yoyo Efendi , Mantan Anggota KPU Kota Depok
KARIKATUR : Yoyo Efendi , Mantan Anggota KPU Kota Depok
KARIKATUR : Yoyo Efendi , Mantan Anggota KPU Kota Depok

POJOKSATU.id, DEPOK – Mantan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Yoyo Efendi mengaku, hari ini akan kembali melaporkan Ketua KPU Depok, Titik Nurhayati dan salah seorang anggotanya, Suwarna ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Hal ini berkaitan tentang dugaan pelanggaran kode etik penyelenggaran pemilu, sebagaimana yang tertera dalam UU No 15 tahun 2011 tentang penyelenggara pemilu.

Saat dihubungi Radar Depok tadi malam, Yoyo menjelaskan bahwa ia sudah mengumpulkan temuannya tentang pelanggaran tersebut dan sudah siap membuat laporan ke DKPP.

Ia berujar jika hal ini -pelaporan ke DKPP- lantaran posisinya sebagai warga negara yang menginginkan KPU sebagai penyelenggara pemilu, dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.


“Dalam hal ini, saya sebagai warga negara melihat KPU tidak menjalankan tugasnya dengan baik,” katanya kepada Radar Depok.

Ditanya ihwal pelanggaran kode etik yang dilanggar pasukan KPU, Yoyo enggan membeberkan secara detail. Ia hanya menjelaskan pasal yang telah dilanggar oleh keduanya. “Kalau soal pelanggarannya, nanti hanya DKPP yang tahu,” tegasnya.

Menanggapi masalah ini, Direktur Indonesia Sosial Media Politica Aprikie Putra Wijaya megungkapkan, KPU sebagai penyelenggara pemilu jelas harus menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada.

Posisi KPU, jelas dia, sebagai lembaga yang vital jelas akan menjadi pusat perhatian bagi masyarakat, dan setiap kinerjanya akan dipantau oleh semua masyarakat. “Untuk itu KPU harus menjalankan tugasnya dengan baik berdasarkan aturan,” tegasnya.

Ia berpendapat, KPU harus benar-benar mempertimbangkan berbagai aspek dalam mengambil keputusan, karena ditakutkan akan menimbulkan sengketa di kemudian hari.

“Intinya, sebelum mengambil keputusan wajib didasari aturan yang kuat,” tandasnya. (yan/radardepok)