Stok Darah Tersisa 12 Kantong

Sayid Cholid Ketua PMI Kota Depok
Sayid Cholid  Ketua PMI Kota Depok
Sayid Cholid
Ketua PMI Kota Depok

Persediaan darah di Kota Depok bulan ini ternyata makin menipis. Diketahui, hingga 7 Agustus 2015, PMI Kota Depok hanya memiliki stok darah 12 kantong. Hal tersebut disampaikan Ketua PMI Kota Depok, Sayid Cholid, kemarin.

Menurut Sayid kekurangan stok darah yang di alami PMI Kota Depok merupakan hal yang biasa pertahunnya pada saat puasa dan menjelang lebaran, karena pada saat itu animo masyarakat untuk mendonorkan darah nya sangat sedikit.

“Ya, memang pas puasa sangat sedikit yang donor makanya berpengrauh juga ketika menjelang lebaran,” jelas Sayid.

Sayid menilai kekurangan Stok darah yang ada di Kota Depok saat ini, di sebabkan adanya permintaan darah tiap rumah sakit. Namun tidak di dukung oleh jumlah pendonor yang ada Sehingga dari hal itu darah yang tersisa hingga 12 kantor, meski demikian pihaknya  terus melakukan usaha salah satunya dengan menunggu para pendonor yang mau menyumbangkan darahnya agar di donor.


”Sekarang kelihatanya sudah ada tanda masyarakat mau mendonor, karena tadi pagi sudah ada yang mendonor sekitar lima orang, dan besok akan adan undanga untuk melakukan donor darah di Gren Cinera dan serta PKK Sukmajaya tepatnya di depan halaman kantor Kecamatan,” terang Sayid ke Radar Depok.

Selain itu Sayid juga menjelaskan kekurangan Stok darah tersebut di alami sejak puasa sampai agustus sekarang.  Dan langkah yang di lakukan oleh PMI Depok, agar mengatasi hal itu dengan melakukan donor langsung, yaitu anggota keluarga atau sahabat yang membutuhkan darah agar langsung mendonor untuk keluarganya di PMI Kota Depok.

”Itu yang kami lakukan guna mengatasi kekurangan darah tersebut dengan donor langsung,” ungkap Sayid.

Namun Sayid optimis ertengahan agustus dan bulan kedepannya Stok darah yang ada di PMI Kota Depok akan terpenuhi.

Senada, Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Depok, Widya Astriani membenarkan hal itu. ”Beberapa hari yang lalu sekitar 50-an stok, tapi karena ada permintaan akhirnya sisa 12 kantong,” jelas Widya.

Selain itu Widya menjelaskan, pihaknya dalam satu bulan menargetkan kurang lebih 1.000-1.500 kantong darah yang di kumpulkan. Hal itu, untuk menambah stok darah yang ada di kota depok, karena kebutuhan darah dalam satu hari lebih kurang 30 sampai 40 an.

”Tergantung keadaan kalau lagi normal 30 atau di bawah tapi kalau banyak sampai seratusan yah tergantung dari permintaan rumah sakit,” ungkap Widya.(kan/radardepok)