Area Pasar Cisalak Dibersihkan

POJOKSATU.id, DEPOK-Jajaran pegawai UPT Pasar Cisalak bersama anggota tibsar (ketertiban pasar), babinsa, dan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melaksanakan operasi bersih di lingkungan Pasar Cisalak, kemarin.

Selain membersihkan sampah yang ada di area pasar, tim juga menyisir ke jalan-jalan yang berada di sekitar pasar seperti Jalan Koja dan Ohan. Hadir dalam opsih ini Kabid Kebersihan dan Ketertiban Anim Mulyana, Kepala UPT Pasar Cisalak Nelson Da Silva Gomes, Kasubag TU Budi Heryanto, Babinsa Cisalak Pasar Pelda Ahmad Tubin, dan Koordinator Tibsar Irfansyah.

“Jalan Koja dan Ohan sebenarnya berada di luar area Pasar Cisalak, namun orang kan tetap menilainya ini bagian dari Pasar Cisalak karena menjadi salah satu akses masuk ke Pasar Cisalak. Karena itu, kedua jalan ini perlu dibersihkan agar terlihat tidak kumuh dan jorok,” ungkap Kepala UPT Nelson Da Silva.

Diharapkan dengan adanya opsih ini akan memotivasi dan semakin meningkatkan kesadaran para pedagang untuk senantiasa menjaga kebersihan tempatnya berjualan.

“Kalau tempat jualannya bersih kan pembeli mau datang dan berbelanja. Kalau kotor mana mau orang datang.¬†Menjaga kebersihan manfaatnya untuk para pedagang itu sendiri,” tutur Nelson. Mengenai praja IPDN yang dilibatkan dalam opsih, Nelson menuturkan para praja yang mengikuti pendaftaran dari Depok.


“Mereka sebanyak 11 orang praja dari Depok sengaja dilibatkan karena sedang masa liburan dan sebagai pembelajaran sebelum nantinya bertugas sebagai pegawai. Mudah-mudahan nantinya ada yang bisa menjadi kepala UPT Pasar Cisalak,” katanya. Kasubag TU UPT Pasar Cisalak Budi Heryanto menambahkan, opsih ini rutin dilaksanakan setiap Rabu dan Jumat.

Tujuannya adalah menciptkan lingkungan pasar yang bersih dan bebas sampah. “Kegiatan ini menjadi rutinitas dari UPT Pasar Cisalak. Kali ini agak berbeda karena jalan-jalan yang ada di sekitar pasar meski berada di luar area pasar ikut dibersihkan. Harapannya semua yang ada di sekitar pasar ikut tergerak menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.(eru/radardepok)