Hari Ini Launching UPS Cinangka

PERSIAPAN : Petugas UPS Cinangka saat membersihkan persiapan launcing yang beralamat di RT3/6 Kelurahan Cinangka, Sawangan, kemarin.

POJOKSATU.id, DEPOK  – Warga Kelurahan Cinangka, Sawangan bisa dikatakan sedang bahagia. Pasalnya, setelah menunggu sejak 2011, akhirnya Unit Pengolahan Sampah (UPS) Kelurahan Cinangka akan di launcing hari ini, (Jumat 7/8).

PERSIAPAN : Petugas UPS Cinangka saat membersihkan persiapan launcing yang beralamat di RT3/6 Kelurahan Cinangka, Sawangan, kemarin.
PERSIAPAN : Petugas UPS Cinangka saat membersihkan persiapan launcing yang beralamat di RT3/6 Kelurahan Cinangka, Sawangan, kemarin.

Koordinator UPS Cinangka Muniri, pihaknnya tengah melakukan pembenahan di sekitar UPS karena akan dilauncing Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). “Alhamdulillah, setelah mendapatkan kabar dari pak Camat dan Lurah, tentu kami (dari petugas UPS) senang. Insya Allah akan dilauncing besok (hari ini),” kata Muniri kepada Radar Depok. Kemarin.

Dia menjelaskan, persiapan mulai dari pemasangan spanduk hingga membersihkan pelataran di UPS sudah dilakukan. “Nantinya juga pak Camat akan membaagikan sejumlah ember kecil ke warga untuk menampung sampah organiknya,” jelasnya.

Kendati di launcing, dia melanjutkan, UPS Cinangka sudah mengolah sampah organik sejak bulan April yang berbarengan dengan launcing UPS di Kelurahan Sawangan. “Saat ini pun sudah ada olahan yang menjadi pupuk organik dan kami masih ada sekitar delapan gundukan olahan sampah organiknya,” paparnya.


Menurutnya, ketika sudah dilauncing, dia berharap DKP dapat melengkapi sarana dan prasarananya, seperti gerobak motor dan gerobak sampah, yang nantinya digunakan untuk mengambil sampah organik hingga ke perumahan terjauh dari UPS. “Sebelum dilauncing, kasihan karyawannya, karena gajinya masih minim. Setelah dilauncing informasinya akan ada penambahan,” katanya.

Sementara, Ketua RT3/6 Kelurahan Cinangka, Madari mengatakan, ketika sudah dilauncing, nantinya warga Kelurahan Cinangka akan mengetahui keberadaan UPS dengan sosialisasi lanjutan dan pengangkutan sampah dari RW lainnya. “Selama ini seluruh Cinangka belum mengetahui keberadaan UPS, setelah ini petugas akan bergerak mengambil ke komplek-komplek dan lebih gencar melakukan sosialisasi,” ucap Madari.

Dia menambahkan, sementara yang baru diambil di RW6 saja, itu pun belum seluruhnya. Padahal, hasilnya pupuk tersebut dapat dipergunakan untuk warga. “Istilahnya dari warga untuk warga. Juga mengurangi sampah di lingkungan Cinangka dengan melakukan sosialisasi memilah sampah,” tutupnya.

Sementara, Lurah Cinangka, Fredi Garnida mengucapkan terima ksih atas support dan motivasi yang diberikan Camat Sawangan, Eko Herwiyanto dan DKP.  Sehingga UPS Cinangka akan dilauncing. “Saya mengharapkan agar banyak warga dapat berpartisipasi dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebersihan dan kehijauan di Cinangka,” ucapnya. (cky/radardepok)