Menelisik Kegiatan Pengajian Bulanan Fosma Boponter

Forum Silaturahmi Pemuda Masjid atau biasa disingkat Fosma merupakan organisasi kepemudaan yang concern dalam kegiatan Islami di Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Cipayung. Berdiri sejak 23 Desember 2013, organisasi tersebut eksis roadshow tiap bulannya ke 11 Masjid yang ada di Boponter.

 

 

RELIGIUS : Para jamah Fosma sedang khusuk mengikuti kegiatan pengajian bulanan di Masjid Al Ittihad, RT1/4 Kelurahan Boponter, Cipayung kemarin.

RELIGIUS : Para jamah Fosma sedang khusuk mengikuti kegiatan pengajian bulanan di Masjid Al Ittihad, RT1/4 Kelurahan Boponter, Cipayung kemarin.

LAPORAN : RICKY JULIANSYAH

 

 

Suara soundsystem terdengar membahana ke segala penjuru wilayah Boponter, puluhan atau bahkan ratusan pita suara menghasilkan suara yang merdu dengan alunan ayat-ayat suci Al Quran dan asma Allah SWT.

 

 

Satu persatu jamah dan tamu undangan berdatangan memasuki pelataran masjid dan mengambil tempat yang disediakan panitia acara. Semuanya sama rendah, karena mereka duduk bersila di karpet dan tikar masjid yang sejak tadi digelar tuan rumah.

 

 

Mulai dari masyarakat, pemuda, bapak, ibu, lurah, Camat, ustadz hingga kyai hadir mengisi ruangan yang ada di Masjid Al Ittihad RT1/4 Kelurahan Boponter, Cipayung.  Beberapa jenis makanan ringan dan minuman pun tersaji, sekedar camilan sebelum memulai atau sesudah acara pengajian dan halal bihalal itu. “Pengajian yang rutin diadakan tiap bulan dan berhubung masih dalam suasana lebaran, kegiatan Fosma bulan Juli itu juga dibarengi dengan halal bihalal,” ucap Ketua Umum Fosma, Norman Hasra.

 

 

Menurut Norman, organisasi yang diketuainya ini diikuti dengan anggota ikatan masjid seperti Risma Masjid Al Ittihad, Friswah Masjid Al Wahyu, Rismatta Masjid At Taqwa, Ziyadatulkhoiir Masjid Maszrotul Alhirah, Formal Masjid Al Firdaus, Remasda Masjid Nuurul Hidayah, MTMS Masjid Abu Bakar Siddiq, Kurma Masjid Arrahmah, Pemuda Istiqomah, Al Fagih Masjid Subulu Salam, dan pemdua Inayah Masjid Al Inayah. “Kegiatan pengajinan bulanan rutin dilakukan di 11 Masjid yang ada di Bopoter ini,” katanya.

 

Mereka bergabung dalam menguatkan tali silaturahmi dan melakukan kegiatan hari besar islam serta belajar ilmu keagamaan. Pengajian yang dibahas seperti Fiiqih, Tauhid, Alhlak, dan Shiroh Nabi Muhammad SAW. “Jadi mereka keliling setiap bulananya dari masjid ke masjid. Yang mengajarnya dari ustad dan kyai,” terang Hasra yang mengenakan baju kokoh putih dan celana hitam.

 

 

Kedepanya pria yang juga pencinta budaya Betawi ini, Fosma tetap konsentrasi mengajak seluruh pemuda- pemudi di kelurahan ini untuk mengikuti pengajian bulanan. “Kami pengurus berencana membentuk beberapa usaha untuk memberikan kesempatan anggota yang belm memiliki aktifitas kerja. Dan juga memajukan ekonomi pemasukan fosma atau indivindu,” harapnya. (*/radardepok)

Feeds