Sanggar Mad Peci Ingin Lestarikan Budaya Betawi

POJOKSATU.id, CIMANGGIS – Kesenian betawi merupakan salah satu kesenian yang ada dan tumbuh di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk Kota Depok yang berbatasan langsung dengan ibukota. Namun  seiring perkembangan zaman, seni budaya asli ini makin terkikis karena arus modernisasi.

“Sanggar Mad Peci ingin kelestarian betawi yang merupakan warisan dari para leluhur tertap terjaga, agar generasi penerus dapat mengenal dan mengetahui identitas kotanya sendiri, seperti palang pintu. Jangan sampai anak-anak generasi sekarang lebih mengenal budaya luar negeri,” ungkap Pimpinan Sanggar Mad Peci, yang berlokasi di RW06, Kelurahan Curug, Kecamatan, Ustaz Achmad Khulaefi.

Dijelaskannya, budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga serta perlu dilestarikan agar kebudayaan kita tidak hilang dan bisa menjadi warisan anak cucu kelak. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab para generasi muda dan juga perlu dukungan dari berbagai pihak, karena ketahanan budaya merupakan salah satu identitas suatu negara. Kebanggaan bangsa indonesia akan budaya yang beraneka ragam sekaligus mengundang tantangan bagi seluruh rakyat untuk mempertahankan budaya lokal agar tidak hilang ataupun dicuri oleh bangsa lain.

“Perlu ada upaya dari pecinta kesenian Betawi, masyarakat pada umumnya, dan pemerintah untuk memberikan ruang kepada kesenian yang ada di masyarakat untuk bisa tampil, diperkenalkan, sehingga dicintai dan bisa eksis di negerinya sendiri. Jangan sampai budaya asli warisan para leluhur justru hilang dan hanya menjadi kenangan,” ujar Lefi, sapaan akrabnya.

Untuk bisa terus melestarikan kesenian tradisional betawi, sanggarnya kerap mengikuti berbagai festival, melayani panggilan untuk berbagai acara, baik untuk hajatan sunatan atau pernikahan, hingga acara formal lainnya.

“Misalnya kesenian palang pintu yang sering dipertunjukkan dalam acara pernikahan untuk menyambut besan atau menyambut tamu yang datang. Semoga kesenian ini bisa terus eksis dan memberikan warga bagi peradaban,” katanya.(eru/radar depok)

PENTAS : Sanggar Mad Peci menampilkan kesenian palang pintu di salah satu acara.

PENTAS : Sanggar Mad Peci menampilkan kesenian palang pintu di salah satu acara

 

Feeds