KPU Wajib Pelototi DP4 dari Kemendagri

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, DEPOK – Pengamat Politik dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Sofyan Sjaf meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok agar benar-benar teliti dalam melakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok 2015. Hal ini berkaitan dengan daftar pemilih potensial pemilu (DP4) yang ditentukan oleh pusat : Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sofyan mengaku, KPU harus berkerja keras dalam menentukan DPT Kota Depok. Meski data DP4 langsung didapatkan dari kemendagri, potensi kesalahan juga pasti ada. ”Jelas potensi kesalahannya ada, untuk itulah KPU harus ekstra teliti,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.

Ia menuturkan, penentuan DPT juga harus melibatkan semua pihak yang ada di Kota Depok, termasuk Badan Pusat Statisitik (BPS) dan pastinya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok.”Instansi lainnya wajib pula dilibatkan,” paparnya.

Komisioner KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengakui, untuk DP4 Pilkada Depok akan langsung diberikan oleh kemendagri. “Kalau pemilu yang dilaksanakan serentak, DP4 memang disiapkan oleh pusat,” cetusnya.


Lebih jauh, Nana menambahkan, untuk persiapan DP4, pihaknya juga akan membentuk tim yang akan melakukan survey langsung ke masyarakat. Langkah ini demi memastikan data DP4 nanti merupakkan data yang sesuai dengan jumlah pemilik hak suara. “Kami memang harus memastikan sebelum DP4 ditetapkan menjadi DPT,” kata Nana.

Menurutnya, KPU tidak akan bergerak sendiri dalam menentukan DPT. Pihaknya juga akan melibatkan ketua RT dan RW yang ada di Kota Depok, yang memang akan dibentuk menjadi Panitia Survey penentuan DP4. ”Jelas berbagai pihak akan kami libatkan,” tukasnya. (yan)