Lomba Makan Singkong Refleksi Gerakan ODNR

RADAR-DEPOK-25-APRIL-09-METROPOLIS-11
lomba makan singkong di lapangan balaikota

POJOKSATU.id, DEPOK – Perwakilan unsur Muspida Kota Depok, mulai dari OPD, Kelurahan, hingga OB mengikuti lomba makan singkong yang dipelopori Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok, berlangsung di Lapangan Balaikota Depok, kemarin.

Tampak memandu peserta dalam lomba tersebut Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, Ketua TP PKK, Nur Azizah Tamhid, dan Plt Kepala Distankan, Eka Bachtiar. Kegiatan tersebut sebagai wujud refleksi dari gerakan One Day No Rice (ODNR) alias satu hari tanpa mengkonsumsi nasi.

Plt Kepala Distankan Eka Bachtiar menuturkan, lomba makan singkong guna mendekatkan sumber pangan karbohidrat non beras kepada masyarakat. Selain lomba makan singkong, ada juga lomba makan buah jambu dan belimbing yang merupakan produk hasil pertanian Depok.

“Kami ingin membiasakan masyarakat untuk lebih mencintai produk lokal, baik buah-buahan ataupun umbi-umbian pengganti beras,” kata Eka.


Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail saat membuka lomba menambahkan, mengkonsumsi karbohidrat dari singkong ataupun umbi lain seperti kentang dan jagung jauh lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi beras nasi. Hal ini karena umbi memiliki kadar gula yang rendah sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjangkit penyakit diabetes.

“Selain sehat, mengkonsumsi umbi-umbian sebagai pengganti beras juga membantu perekonomian petani lokal,” pungkas Nur. (gun/**)