372 BKR Jadi Agen Pemberdayaan Remaja

RECHEKING: Bina Keluarga Remaja Pepaya Rangkepan Jaya Kecamatan Pancoranmas direchecking Nasional, kemarin.
RECHEKING: Bina Keluarga Remaja Pepaya Rangkepan Jaya Kecamatan Pancoranmas direchecking Nasional, kemarin.
RECHEKING: Bina Keluarga Remaja Pepaya Rangkepan Jaya Kecamatan Pancoranmas direchecking Nasional, jumat.

POJOKSATU.id, DEPOK – Satu lagi prestasi yang terus ditunjukan generasi muda Kota Depok, yaitu Bina Keluarga Remaja (BKR) Depok mewakili Provinsi Jawa Barat di tingkat nasional. Rechecking tersebut berlangsung di BKR Pepaya Rangkepan Jaya Kecamatan 9Pancoranmas, kemarin (24/4).

Diketahui, terdapat 372 BKR yang diharapkan mampu menjadi wadah pengendalian kenakalan remaja. Kepala Badan Pemberdayaan Manusia dan Keluarga (BPMK) Kota Depok, Widyati Riyandani menyebutkan, banyak masalah muncul ketika remaja di wilayah tidak memperoleh pemberdayaan, seperti penyuluhan bahaya narkoba, dan HIV AIDS.

“BKR diharapkan mampu menjalankan fungsinya dalam pembinaan remaja,” kata Widyati kepada Radar Depok.Widyati menjelaskan, BKR Kota Depok mewakili Provinsi Jawa Barat dalam lomba tingkat nasional guna memberikan pembinaan dalam bentuk komunikasi informasi dan edukasi melalui pusat informasi dan konseling di dalam BKR.

“Kami (BPMK) memang konsern terhadap pengembangan remaja unutk mewujudkan genarasi berencana, karenanya adanya momen ini juga menjadi saat yang tepat untuk terus mengevaluasi peranan BKR di Kota Depok,” ungkapnya.Kedepan, lanjutnya dari BKR yang terus berjalan baik, program pemerintah mengenai kelurahan dan RW layak anak dapat berjalan lebih baik lagi. “BKR menjadi salah satu wadah juga untuk mendukung program pemerintah tesebut,” ujarnya.


Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Tim Penilai Lomba BKR Tingkat Nasional, Edi Muin mengungkapkan tujuan utama dari lomba bukanlah tentang kalah dan menang, tetapi dari persaingan kompetisi mampu menumbuhkan semangat memajukan BKR di Kota depok.“Dari BKR inilah embrio untuk menumbuhkan semangat memajukan remaja dimulai, karenanya kami berharap dari semangat persaingan tersebut BKR di seluruh Indonesia mampu terus aktif,” harapnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, Kota Depok yang mewakili Provinsi Jawa Barat ini merupakan peserta yang kedua dari lima wakil, meliputi Provinsi Jawa Barat, Banten, Lampung. Bali, Kalsel.“Depok yang mewakili Jawa Barat dinilai setelah Provinsi Kalimantan Selatan, sejauh ini belum terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua provinsi yang kami nilai,” jelasnya.Tak hanya BKR, dia mealnjutkan juga harus ada sinergi antara orang tua dalam pengembangan remaja di tiap wilayah.(bry)