Petani Depok Hasilkan Produk Pertanian Secara Maksimal

Ilusterasi

Ilusterasi

POJOKSATU.id, DEPOK – SEBAGAI rangkaian acara memperingati HUT Kota Depok ke-16, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok akan menggelar kegiatan Fasilitasi Promosi Produk Pertanian dan Perikanan Tahun 2015.Yaitu kegiatan yang akan menampilkan berbagai produk unggulan tanaman pangan hortikultura, peternakan dan perikanan dan merupakan produk lokal Kota Depok.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yaitu tanggal 22-24 April 2015 bertempat di halaman Balaikota Depok, dengan tema Kawasan Rumah Pangan Lestari Masa Depan Kota Depok, konsep yang akan ditampilkan adalah Depok Hijau dan Sehat.Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok, H Eka Bachtiar, kegiatan pameran ini terbilang luar biasa.

Sebab, meski lahan pertanian di Kota Depok saat ini semakin menyempit, tetapi para petani di Kota Belimbing ini bisa menghasilkan produk pertanian secara maksimal. Menurutnya, gelar produk unggulan pertanian, peternakan dan perikanan ini akan diikuti sekitar 30 pelaku usaha pertanian, peternakan dan perikanan.

Melalui kegiatan ini, masyarakat Kota Depok bisa mendapatkan informasi perihal beragam produk pertanian, peternakan dan perikanan baik segar maupun olahan yang dihasilkan oleh UKM dan Poktan binaan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok.Selain pameran produk pertanian, peternakan dan perikanan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok juga akan menggelar berbagai kegiatan.

diantaranya:1. Kegiatan gerakan makan telur dan minum susu yang melibatkan 1.350 siswa Sekolah Dasar se-Kota Depok;2. Kegiatan gerakan makan ikan yang melibatkan 500 siswa Sekolah Dasar se-Kota Depok;3. Pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi secara gratis oleh PDHI Cabang Jabar II;4. Talkshow;5. Bursa tanaman dan berbagai produk olahan pertanian, peternakan dan perikanan;6. Edukasi pemeliharaan hewan kesayangan;7. Berbagai lomba;8. Pentas seni.TANAMAN HIAS DAN BUAHPengembangan tanaman hias di Kota Depok merupakan salah satu peluang usaha prospektif dan cukup menjanjikan.

Meningkatnya permintaan pasar akan komoditi tanaman hias Depok tidak lepas dari peran para petani tanaman hias Depok yang serius menggeluti bidang usahanya sehingga kualitas tanaman hiasnya mempunyai keunggulan komparatif dibandingkan dengan komoditas yang sama dari wilayah lain di Jabodetabek. Dalam perkembangannya, terjadi peningkatan produktivitas tanaman hias per luasan lahan, hal tersebut karena petani tanaman hias Kota Depok telah melakukan berbagai perubahan sistem pengelolaan pertanian tanaman hias yang menuju ke arah perbaikan produktivitas tanaman.

Selain tanaman hias, Depok juga terkenal dengan belimbing, jenis yang dikembangkan adalah belimbing dewa. Buah ini berwarna kuning-orange keemasan, ukuran buah dapat mencapai 0.8 Kg per buah. Rasa manis ditenggarai sebagi obat herbal penurun darah tinggi/Hipertensi, Kencing Manis, Nyeri Lambung. Buah ini sangat prospektif dikembangkan di Kota Depok dan kini telah menjadi buah unggulan kota Depok karena secara komparatif Belimbing Dewa lebih unggul dibandingkan belimbing yang lainnya. Untuk meningkatkan nilai tambah produk Belimbing adalah pengolahan produk.

Pemerintah Kota Depok terus memfasilitasi para petani dan pelaku usaha lainnya untuk terus melakukan berbagai kegiatan pelatihan di bidang olahan produk pertanian dan memotivasi para petani belimbing dan pengusaha mikro untuk memp roduksi olahan hortikultura khususnya belimbing menjadi minuman segar.IKAN HIASPemerintah Kota Depok bertekad menjadikan Depok sebagai kota sentra budi daya ikan hias di Jawa Barat. Saat ini, petani ikan hias Depok telah mampu memproduksi ikan hias sekitar 77 juta ekor per tahun. Jenis ikan yang dibudidayakan yaitu ikan kerapu raja sanu, neon tetra, memfish, dan red globe.

Saat ini terdapat ±439 petani ikan hias di Kota Depok, dengan rata-rata pendapatan per tahunnya mencapai Rp 100 juta. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, ikan hias dari Kota Depok diminati para pembeli asal Eropa, Amerika, dan Asia. Jika dikelola dengan serius, produksi ikan hias akan menjadi sumber pendapatan negara dan memperkuat sektor ekonomi. Agar dapat memenuhi permintaan dari luar, stabilitas produksinya harus tetap dijaga.

Untuk itu Pemerintah Kota Depok akan terus memberikan dukungan bagi para petani ikan hias, terutama dari segi pelatihan dan pemasaran agar dapat meningkatkan produktivitas ikan hias.HEWAN PELIHARAAN Hewan peliharaan mempunyai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Hobi memelihara hewan peliharaan telah menjadi tren di masyarakat kota besar seperti Depok. Saat ini para pehobi pun juga tak mau bila hewan peliharaannya tidak sehat dan kurang terawat.

Tak heran para pemilik rela melakukan dan memberikan perawaatan yang terbaik untuk hewan kesayangan mereka, mulai dari perawatan rutin, makanan berkualitas, hingga mempercantik penampilan hewan peliharaannya. Fenomena seperti inilah yang menjadikan usaha petshop di Kota Depok semakin menjamur.Anjing dan kucing masih menjadi tren peliharaan di Kota Depok, sebab dua jenis hewan ini paling mudah perawatannya dan paling mudah berinteraksi dengan manusia.

Selain itu sugar Glider (Petaurus Breviceps) saat ini menjadi hewan peliharaan yang sedang digandrungi masyarakat dari berbagai kalangan. Bentuknya yang lucu, binatang jenis Marsupialia ini ternyata juga bisa menjadi binatang jinak dan penurut.Perawatan sugar glider sangat yang simple, budidaya hewan ini juga tidak memerlukan kandang besar, makanannya pun juga tergolong murah.

Untuk membudidayakan sugar glider bisa menggunakan kandang Hamster dan ditaburi serbuk potongan kayu. Kemampuan hidup sugar glider yang bisa sampai 15 tahun, pemeliharaan yang simpel dan tingginya permintaan sebagai hewan peliharaan yang sedang trend membuat sugar glider sangat cocok untuk diternakkan dan telah menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di Depok. (adv)

Feeds