Pemberian Obat Filariasis Dievaluasi

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSATU.id, DEPOK – Dalam upaya mencegah peningkatan angka penyakit filariasis atau dikenal dengan penyakit kaki gajah, Pemkot Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melaksanakan program Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) Filariasis. Setelah diselesaikannya program yang dicanangkan Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail itu, Dinkes pun langsung menggelar rapat evaluasi.

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penyehatan Lingkungan (P2PPL) Dinkes menyatakan secara umum pelaksanaan POMP filariasis berjalan sesuai dengan target yang diinginkan. Adapun target yang hendak dicapai yakni sesuai dengan standar WHO cakupan POMP filariasis, yaitu sebesar 65 persen. Sementara pelaksanaan POMP filariasis di Kota Depok pada tahun 2014 mencapai 72.72 persen.

“Alhamdulillah cakupan POMP filariasis yang kami lakukan sudah melewati ambang batas yang ditetapkan oleh WHO,” ujar Kabid P2PPL yang akrab disapa dr. Rani itu, Kamis (16/04). Selanjutnya dr. Rani menjelaskan dari angka 72.72 persen itu terdapat peningkatan masyarakat yang meminum obat filariasis pada tahun 2012, yakni sebesar 59.00 persen, dan tahun 2011 sebanyak 54.00 persen.

(gun/net)

Feeds