Hari Ini, Calon Panwaslu Tes Wawancara

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, DEPOK – Sembilan orang calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok, hari ini, dijadwalkan menggelar ujian wawancara di Bandung. Berbeda dengan ujian sebelumnya : tertulis, kali ini calon-calon yang ada akan langsung berhadapan dengan panitia seleksi dari Badan Pemgawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat.

Salah satu Panwaslu Depok. Masturo mengaku, pada tes yang dijalaninya nanti, dia benar-benar harus melakukan persiapan ekstra, karena memang tes wawancara sangat membutuhkan pengetahuan yang banyak terutama dalam bidang politik. ”Persiapan yang saya lakukan dengan mempelajari berbagai aturan politik,” ucapnya kepada Radar Depok, tadi malam.

Meski begitu, kata Masturo, secara khusus dirinya siap menjalani tes tersebut. Tidak hanya persiapan secara mental, seperti mengetahui aturan-aturan pemilu. Dirinya juga membekali diri dengan kesehatan jasmani. ”Jasmani dan rohani harus sehat dong,” ucapnya. Lebih lanjut, kata dia, pada tes kali ini, sembaliklan calon yang mendaftar akan kembali disusutkan menjadi enam orang. Sebetas informasi, sebelum mengikuti tes tertulis, total calon Panwaslu Depok mencapai 13 orang.

”Setelah tes ini, masih banyak tes lain yang harus dijalani,” paparnya. Tidak hanya Kota Depok. Wilayah lain yang akan melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) secara serentak di Jawa Barat, seperti Cianjur dan Tasikmalaya, juga akan menjalani tes yang sama. ”Besok (hari ini), Depok, Cianjur, dan Tasikmalaya akan menjalani tes panwaslu juga,” tandasnya.


(yan)