Event Paseban Grebeg Katon Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Bupati Cirebon H Imron mengunjungi salah satu stand Bazar Grebeg Katon sesi 2. effendi

POJOKJABAR.com,CIREBON– Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) setempat menggelar event paseban dalam Grebeg Katon sesi 2 dengan kemasan kegiatan pasar rakyat, pameran dan pertunjukan seni budaya tradisional dan modern.


Agenda tersebut dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-541 kabupaten cirebon tahun 2023, khususnya dalam kegiatan pasar seni budaya dan ekonomi kreatif kabupaten cirebon (paseban) grebeg cirebon katon sesi 2 ini.

Bupati Cirebon H. Imron mengatakan, Kabupaten Cirebon merupakan daerah yang banyak memiliki kekayaan seni budaya dan produk kreatif yang khas serta ditunjang dengan industri pariwisata yang representatif dan semakin inovatif.

“Keadaan ini tentunya kabupaten cirebon merupakan daerah yang banyak memiliki kekayaan seni.Menjadi peluang bagi kita untuk secara kreatif berkarya dalam memajukan kabupaten cirebon, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,”kata Imron. Saat membuka kegiatan Grebeg Katon Sesi 2, di GOR RanggaJati, Sumber, Kabupaten Cirebon. Jumat (12/05/2023)


Ia menyebut,pada sebuah event yang menggabungkan unsur rntertainment, exhibition, dan kebudayaan di dalamnya. event ini dilaksanakan dalam rangka memberikan akses pasar seluas-luasnya bagi masyarakat kabupaten cirebon agar mendapat peran dalam geliat ekonomi yang begitu dinamis saat ini.

Event paseban ini sekaligus berupaya menjadikan kabupaten cirebon sebagai daerah tujuan wisata melalui identitas seni dan budaya. disamping itu, paseban grebeg cirebon katon sesi 2 merupakan sebuah festival budaya yang diselenggarakan bersamaan dengan mempromosikan potensi produk ekonomi kreatif.

“Kegiatan ini juga dikolaborasikan dengan pertunjukan seni sebagai bentuk pelestarian kesenian daerah sekaligus menjadi daya tarik bagi pengunjung,” ujar Imron.

Tambahnya,tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu agar festival budaya cirebon ini dapat menjadi bagian dari kalender event tahunan rutin. Kabupaten cirebon, sebagai wadah bagi para pelaku seni berkarya menampilkan kreasi seni budaya nya serta pelaku ekonomi kreatif.

“Untuk mempublikasikan dan mempromosikan produk terbaiknya setiap tahun untuk kemajuan produk ekonomi kreatif lokal. kemudian saya berharap mudah-mudahan dengan adanya event ini, dapat menjadi penggerak untuk pelaksanaan event-event sejenis ke depannya,”pungkasnya.

(eff/pojokjabar)