Agar Aman dan Nyaman, Ini Pesan AKBP Sumarni bagi Masyarakat sebelum Mudik

AKBP Sumarni saat meninjau ke lokasi. zag

POJOKJABAR.com, SUBAMG – Polres Subang mengimbau masyarakat untuk melakukan persiapan semaksimal mungkin sebelum melakukan mudik agar aman, nyaman dan tenang, baik saat di perjalanan maupun kampung halaman.


Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan sebelum pulang ke kampung halaman, masyarakat agar memeriksa terlebih dahulu kendaraan yang akan dipergunakan saat perjalanan mudik.

“Servis terlebih dahulu kendaraan untuk menghindari terjadi kendala saat perjalanan mudik. Jangan lupa periksa surat-surat kendaraan,” ucap AKBP Sumarni di Kabupaten Subang, Sabtu (15/04/2023).

Setelah kondisi kendaraan prima dan surat – surat kendaraan lengkap, lanjutnya, bagi masyarakat yang mudik pakai sepeda motor agar disiapkan juga helm. “Saat naik sepeda motor harus pakai helm,” ujarnya.


Masyarakat selanjutnya untuk memastikan di dalam rumah tidak ada hewan peliharaan untuk antisipasi hewan kelaparan. Selain itu, pastikan juga alat listrik non aktif dan matikan kompor antisipasi kebakaran.

“Masyarakat yang akan mudik agar cabut kabel dari stop kontak dan cabut selang regulator dari tabung gas. Ini dilakukan untuk antisipasi terjadinya kebakaran,” ujar mantan Kapolres Sukabumi Kota tersebut.

Setelah itu, lanjut AKBP Sumarni, pastikan semua pintu dan jendela terkunci. “Saat akan mudik, informasikan kepada tetangga dan ketua RT atau RW setempat agar mereka mengetahui Anda mudik,” ujarnya.

Saat melakukan perjalanan mudik, tambah AKBP Sumarni, masyarakat yang merasa kelelahan dan mengantuk agar istirahat di tempat yang aman, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan mudik.

“Kalau sudah lelah dan mengantuk, pemudik sebaiknya istirahat terlebih dahulu di tempat yang aman. Jangan memaksakan agar tidak kecelakaan. Setelah kondisi fit, baru melanjutkan perjalanan,” ucapnya.

Jika mudik menggunakan kendaraan umum, tambahnya, masyarakat sebaiknya memilih menitipkan kendaraan di polsek terdekat atau Polres Subang agar aman dari pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Polres Subang dan Polsek Jajaran buka pelayanan penitipan kendaraan gratis bagi pemudik. Untuk itu, masyarakat agar manfaatkan pelayanan ini agar aman, nyaman dan tenang di kampung halaman.

“Mari utamakan keselamatan, karena keluarga tercinta menunggu di kampung halaman untuk bersama-sama merayakan Lebaran. Selamat mudik, salam dari Polres Subang untuk keluarga di kampung halaman,” pungkasnya.

(zag/pojokjabar)