Jelang Akhir Ramadhan, PA Cirebon Bagikan Zakat Profesi

Ketua PA Cirebon, Achmad Cholil saat menyerahkan zakat profesi. zag

POJOKJABAR.com, CIREBON – Pengadilan Agama Cirebon memiliki tradisi tahunan, yakni pembagian zakat jelang akhir Ramadhan bagi warga yang tinggal di sekitar kantor Pengadilan Agama.


Ketua PA Cirebon, Achmad Cholil mengatakan untuk Ramadhan 1444 H ini. Zakat yang merupakan hasil kolektif zakat profesi seluruh pegawai PA Cirebon selama satu tahun. Kemudian, dibagikan kepada para mustahik seperti para tukang becak, kuli bangunan, yatim piatu dan para dhuafa.

“Jumlah mustahik yang diberikan zakat tahun ini sekitar 60 orang dengan profesi yang berbeda. Sebelumnya kita kumpulkan data dan bagikan kupon. Ada beberapa juga yang tidak memperoleh kupon zakat tapi datang ke Kantor, ya tetap kita bagikan,” ucapnya Jumat (14/4)

Cholil melanjutkan, meskipun nominalnya tidak terlalu besar tapi para penerima zakat terlihat bahagia karena sedikit banyak dapat membantu pemenuhan kebutuhan mereka.


“Kami melihat, masyarakat yang mendapatkan zakat bahagia dan mudah-mudahan kegiatan ini tetap terus belanjut ketahun yang akan datang,” ungkap Ketua PA yang juga jebolan Melbourne University Australia itu.

Sementara itu, Ketua UPZ PA Cirebon, Muhamad Nurmadani, menambahkan bahwa para pegawai PA Cirebon bervariasi dalam pemberian zakat setiap bulannya tergantung kesediaan masing-masing.

Sebagian ada yang memberikan sebesar 2,5% dari penghasilannya setiap bulan dan sebagian lagi memberikan dalam jumlah tertentu yang kurang dari 2,5% karena mereka ingin menyalurkan sebagian zakatnya sendiri.

“Tapi yang jelas, semua pegawai memang menyisihkan zakatnya setiap bulan di kantor,” ujarnya

Sebelum acara pembagian zakat, PA Cirebon sebelumnya juga menggelar acara Rapat Kerja dan penganugerahan apresiasi bagi para pegawai dengan kinerja terbaik selama Triwulan pertama tahun 2023.

“Rapat Kerja merupakan sebuah keharusan bagi kami untuk lebih memantapkan performa pengadilan sampai dengan akhir tahun ini. Selain berisi sosialisasi dan pembahasan tentang hasil rapat koordinasi Pengadilan Tinggi Agama Bandung dengan pengadilan agama se-Jawa Barat beberapa waktu sebelumnya di Bandung, Raker PA Cirebon juga membahas sejumlah program kerja yang ingin dicapai PA Cirebon selama tahun 2023,” tuturnya

Paska lebaran 1444 H, PA Cirebon akan meluncurkan sejumlah program pelayanan. Salah satunya adalah peluncuran Mobil Dilan. Mobil DIlan adalah program pengantaran produk pengadilan kepada masyarakat, antar jemput bagi penyandang disabilitas serta pemberian informasi dan pendaftaran perkara dengan menggunakan mobil yang dinamakan Mobil Dilan untuk mewujudkan pelayanan pengadilan yang cepat dan responsif.

Selain itu PA Cirebon juga akan meluncurkan portal Cirebon Excellent Court. Portal pelayanan ini direncanakan bekerja sama dengan Pemkot Cirebon untuk memudahkan masyarakat Kota Cirebon dalam mengakses layanan yang disediakan oleh PA Cirebon. Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Cirebon sudah menyambut baik program in.

Program lainnya adalah peluncuran tampilan baru Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PA Cirebon. PTSP yang ada sekarang akan dirombak agar pelayanan kami semakin integratif, nyaman dan memudahkan masyarakat.

Terakhir adalah program Help Center. PA Cirebon akan membuat Help Center (Pusat Bantuan) bagi para pencari keadilan yang membutuhkan perlakuan khusus baik selama proses persidangan maupun pasca persidangan. Keberadaan Help Center juga akan melibatkan peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cirebon.

(zag/pojokjabar)