Rektor UMC: Alhamdulillah Baitul Arqom Dosen dan Struktural UMC Berjalan Sukses

Rektor UMC, Arif Nurudin MT

POJOKJABAR.com, CIREBON – Baitul Arqom (BA) Dosen dan Struktural Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) dengan tajuk “Gerakan Pencerahan Dosen dan Struktural dalam Meningkatkan Mutu Universitas Muhammadiyah Cirebon.


Rektor UMC, Arif Nurudin MT mengapresiasi 81 Dosen dan Struktural UMC yang sudah mengikuti rangkaian BA.

Arif memaparkan para peserta mendapatkan berbagai materi meliputi mulai Panduan Hidup Islam Warga Muhammadiyah (PHIWM), Muqoddimah Anggaran Dasar Muhammdiyah, Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Tazkiyatunnufus, Profil Kader dan Spirit Perjuangan Tokoh Muhammadiyah, Tuntunan Keluarga Sakinah dan Pedoman Hidup Kampus Islami.

Adapun Pemateri yang mendapatkan amanah oleh Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MPKSDI- PPM) adalah Moch. Irfan Islami, M.M, Master of Training (MoT), Dr. Arief Hidayat Afendi, M. Ag sebaga Imam of Training (IoT)
Dr. Muhammad Ali (instruktur), Dr. Iu Rusliana, M. Si (instruktur) Supala, M. Ag (instruktur), Dr. Izzatusholekha, M.Si (instruktur), Velandani Prakoso (Instruktur)


Kesempatan tersebut, Arif menyampaikan satu pantun bahwa “Nasi uduk Jalan baskom, burung kutilang terbang di ufuk barat, Terima kasih sudah ikut Baitul Arqom, semoga ilmunya bermanfaat.”

Dalam Baitul Arqam ini peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik ibadah sesuai tarjih dan juga membaca Al-Quran satu persatu. Hal ini untuk dijadikan bahan pemetaan dan tindak lanjut pendampingan oleh lembaga Al-Islam Kemuhammadiyaan (AIK UMC)

Selain mendatangkan pemateri untuk menyampaikan wawasan Islam dan Kemuhammadiyahan, peserta juga melakukan aktivitas lain seperti Outbound, Shalat Tahajud, Kultum, dan Kajian Ayat ba’da shubuh.

Sementara itu salah satu dari peserta yang didapuk sebagai peserta terbaik pertama, Sirniawati, S.Pd.I., MA (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), menyampaikan kesan dan pesannnya.

“Senang, Alhamdulillah karena sudah selesai mengikuti rangkaian acara ini, sedih karena dengan berbagai macam latar belakang perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan sehingga dapat bergabung disini untuk menyamakan persepsi, menguatkan komitmen bersama untuk mengabdi di UMC dan persyarikatan Muhammadiyah. Semoga apa yang kita lakukan mendapat ridho Allah S.W.T,” ucap Nia

Peserta terbaik kedua, Nuri Kartini MT (Dekan FT UMC) menyampaikan rasa syukurnya atas acara BA yang sukses digelar.

“Alhamdulilah dengan kerja sama yang baik kita sukses, harapannya kita semua menjadi pahlawan Umc yang istiqomah. Kita yakin bahwa UMC ini tempat kita merangkai kehidupan akhirat yang lebih membahagiakan” tutur Nuri.

Selanjutnya, peserta terbaik ketiga ( Rizki Budhi Suhara) mengaku lebih bahagia usai mengikuti BA. Ia bahkan lebih bersemangat dan siap mewakafkan dirinya buat UMC.

Untuk diketahui, peserta teraktif Urip Giyono, peserta tersimpatik Rochmat Hidayat dan peserta terdisiplin Agus Irfan.

(zag/pojokjabar)