Kuliah di UGJ Tidak Harus 4 Tahun

Rektor UGJ

POJOKJABAR.com, CIREBON – Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon kini membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2023/2024 melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Dimana, kuliah melalui jalur RPL ini tidak harus menempuh waktu 4 tahun bagi mereka yang sudah bekerja.


RPL sendiri merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Ada 15 Program Studi S1 dan S2 yang dibuka kepada masyarakat, baik dari ASN, TNI/POLRI, Organisatoris, Pegawai, Karyawan, dan Pernah Pernah Kuliah tapi Tidak Selesai.

15 Prodi tersebut diantaranya Prodi S1 Agribisnis, Prodi S1 Agroteknologi, Prodi S1 Akuntansi, Prodi S1 Administrasi Publik, Prodi S1 Hukum, Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Teknik sipil.


Prodi S1 Pendidikan bahasa Inggris, Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi S1 Pendidikan Ekonomi, Prodi S1 Pendidikan Matematika, Prodi S1 Pendidikan Guru SD (PGSD), Prodi S2 (Magister) Hukum, dan Prodi S2 (Magister) Administrasi Publik.

“Syaratnya mudah untuk mendaftar melalui jalur RPL, untuk Sarjana cukup dengan Lulus pendidikan formal minimal SMA atau sederajat dan pernah mengikuti pendidikan tinggi (Sarjana/Diploma) dengan status pindahan atau mengundurkan diri, dan lulus pendidikan formal minimal SMA atau sederajat dengan memiliki pengalaman kerja mandiri atau terstruktur,” ucapnya

“Sertakan bukti pendidikan nonformal, dan atau informal yang relevan dengan program studi yang akan ditempuh. Sedangkan untuk Pascasarjana lulus pendidikan formal tingkat Sarjana, serta pernah mengikuti pendidikan Pascasarjana dengan status pindahan atau mengundurkan diri, dan atau memiliki pendidikan nonformal, informal, dan atau pengalaman kerja yang relevan dengan program studi yang akan ditempuh” Jelas Rektor UGJ.

(zag/pojokjabar)