Pemkab Cirebon Bakal Relokasi PKL di Kawasan Sumber

Pengawas Perdagangan Ahli Muda, (Disperdagin) kabupaten Cirebon, Ardiles Alfa Jatiwantoro. effendi

POJOKJABAR.com, CIREBON,– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) merencanakan bakal merelokasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) di wilayah kota Sumber, kecamatan Sumber, kabupaten Cirebon.


Pantauan pojokjabar.com langkah Pemkab Cirebon itu terlihat yang saat ini sedang di dirikannya shelter (kios) di kawasan tersebut.

Kepala Disperdagin Kabupaten Cirebon, Dadang Raiman melalui Pengawas Perdagangan Ahli Muda, Ardiles Alfa Jatiwantoro mengatakan,pembangunan shelter direncanakan sebanyak 100 unit, namun dalam tahap pembangunan pertama ini ada 35 unit, dan shelter tersebut diprioritaskan untuk pedagang kaki lima.

Pembangunan shelter ini kata Ardiles merupakan sebagai langkah Pemkab untuk menertibkan para pedagang.”Jadi dalam penataan PKL harus ada solusi. Alhamdulillah dengan program Pak bupati, pemerintah daerah kabupaten Cirebon,jadi terbangunlah seperti itu, ada relokasi untuk PKL,”terang Ardiles.saat di hubungi di ruang kerjanya. Selasa (29/11/2022)


“Mudah-mudahan dari pembangunan di tahap yang pertama ini akan menjadi sedikitnya tidak terlihat kumuh dan mengganggu lalu lintas di pinggir jalan,”imbuhnya.

Adapun rencana penempatan shelter untuk para pedagang, jelas Ardiles,hal itu akan ada pelaku distribusi yang akan menjelaskan secara detail.Dan terkait biaya sewa pihaknya akan berkoordinasi dengan lintas sektor.

Lebih jauh Ia,mengatakan,pihaknya pun sudah memiliki draf untuk pembentukan tim penempatan. Tim penempatan tersebut, pertama dari Komisi II DPRD kabupaten Cirebon sebagai Pengarah, kemudian Pembina dari Bupati, dan Ketua dari kepala dinas perindustrian dan perdagangan selanjutnya Sekretaris dari ketua forum PKL kota sumber.

“Itu baru draf setelah kita lapor kepada pimpinan kalau setuju kita buat SK nya, lalu siapa yang berhak menata, karena ini lintas sektor,”tutup Ardiles.

(aef/pojokjabar)