Pemkab Cirebon Sambut Kedatangan Tim Kaji Terap Pendidikan Nonformal Kabupaten Kubu Raya

Bupati Cirebon, H.Imron bersama Tim Terap Kaji Tim Kaji. effendi

POJOKJABAR.com, CIREBON,- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Cirebon menerima kunjungan Tim Kaji Terap Pendidikan Non Formal Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.


Pantauan pojokjabar.com kunjungan Tim kaji terap pendidikan Non Formal Kabupaten Kubu Raya di sambut langsung oleh Bupati Cirebon, H. Imron. M.ag.

Bupati Cirebon, H. Imron, menuturkan, kunjungan Tim Kaji Terap Pendidikan Non Formal Kabupaten Kubu Raya yaitu dalam rangka menjalin kerjasama serta berdiskusi guna meningkatkan masyarakat,sumber daya manusia dan ekonomi.

“kami berdiskusi bagaimana perkembangan wilayah Kubu raya untuk meningkatkan masyarakat,sumber daya manusia dan ekonomi,” ujar Imron.Usai kegiatan ramah tamah di Pendopo rumah dinas (Rumdin) Bupati.Selasa (22/11/2022)


Imron menjelaskan,wilayah kabupaten Cirebon merupakan wilayah perbatasan yang strategis,terdiri dari 40 kecamatan dan 412 desa yang memiliki beragam banyak ragam kultur budaya, yaitu Sunda dan Jawa.

“Mudah-mudahan dengan kunjungan dari Kubu raya ini, kami bisa bertukar wawasan sehingga bisa meningkatkan sumberdaya masyarakat dan ekonomi,”pungkasnya

Sementara itu, Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kabupaten Kubu raya Tri Indriastuti, mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas sambutan dan kehadiran Pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Tri Indriastuti menjelaskan,tujuan kunjungan ini, pihaknya berharap ada tindak lanjut yang pertama terkait dengan PKBM dinas pendidikan dan inovasi yakni terkait kerjasama petani muda atau petani milenial.Kemudian peningkatan sumber daya manusia, sehingga arahnya mempertahankan pangan kemandirian.

“Kami sudah kordinasi dengan pak bupati, buat kerjasama bagaimana memfasilitasi terkait pengembangan keterampilan masyarakat khususnya pendidikan informal PKBM,”jelasnya.

Peningkatan kerjasama antar daerah,
masih kata dia, merupakan Strategi untuk mempertahankan pangan melalui pendidikan informal di sektor pendidikan di ketahanan pangan.

Tri Indriastuti menyebutkan, dirinya datang bersama asisten 3 dan kepala dinas pendidikan beserta rombongan,dan menurutnya kunjungan ini merupakan uji untuk menambah ilmu.

“Mudah-mudahan bisa kami terapkan di kabupaten kami, dan semoga kerjasama ini bisa terwujud dengan MoU. MoU itu bentuknya baik kerjasama antar dinas pendidikan atau dari pemerintah Kubu Raya terkait dari sektor ekonomi dan pendidikan,”katanya.

Dikesempatan itu Ia mengungkapkan,Kabupaten Cirebon adalah wilayah yang spesifik, sehingga itu menjadi alasan Kabupaten Kubu raya berkunjung.”Dengan track record untuk kegiatan-kegiatan PKBM, yang kami juga ambil sampel dan ini menjadi pilihan kita,”kata Tri Indriastuti.

“Kemudian kita lihat inovasi kegiatannya di PKBM di kabupaten Cirebon ini sudah memberikan muatan banyak untuk kami kembangkan di Kabupaten Kubu Raya,”pungkasnya.

(aef/pojokjabar)