Sukses Digelar Popkota Cirebon, Jadi Ajang Pencarian Bakat Atlet

Penutupan Popkota Cirebon. zag

POJOKJABAR.com, CIREBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sukses menggelar Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkota) Cirebon tahun 2022.


Popkota Cirebon 2022 berlangsung dari tanggal 19 Agustus hingga 8 September 2022. Sebanyak 7.350 atlet pelajar mengikuti kegiatan tersebut.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati menyampaikan, pembinaan olahraga tingkat pelajar di Kota Cirebon mesti berkelanjutan, salah satunya melalui Popkota.

“Kejuaraan atau pertandingan yang bervariatif akan menjadi ajang pencarian dan pembinaan bibit atlet kita,” ungkap Hj. Eti Herawati, usai menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 di lapangan Bima Madya II Kota Cirebon. Sabtu (9/9)


Pada kesempatan itu juga dilakukan pemberian medali kepada atlet pelajar yang sukses menjadi juara Popkota Cirebon 2022.

Eti mengatakan, upaya melahirkan atlet tangguh itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Melalui momen Haornas 2022, ia berharap seluruh masyarakat Kota Cirebon kemudian selalu sehat dan prestasi olahraga semakin maju.

“Saya berharap, Kota Cirebon bisa melahirkan atlet hebat dan tangguh serta dunia olahraganya semakin maju,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, Haornas 2022 menjadi momen istimewa. Selama dua tahun terakhir penyelenggaraan Haornas tak besar-besaran karena pandemi Covid-19.

“Kita punya tiga urusan terkait olahraga. Pertama adalah olahraga prestasi yang pembinaannya oleh KONI Kota Cirebon. Semoga atlet yang sudah terbentuk bisa meraih prestasi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat nanti,” ujarnya.

Urusan olahraga yang kedua, kata Agus, adalah olahraga pendidikan, yaitu Popkota Cirebon. Atlet olahraga pendidikan ini jangan sampai pembinaannya terhenti. Ini tugas Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cirebon.

“Saya harap, Dinas Pemuda dan Olahraga tidak berhenti melakukan pembinaan. Bisa melalui event yang dapat mengasah kemampuan para atlet pelajar supaya bisa terus berprestasi. Bila perlu, Popkota selanjutnya jangan sekali dalam setahun,” tuturnya.

Kemudian yang ketiga adalah olahraga rekreasi, Agus mengatakan, olahraga berbasis masyarakat itu masih di bawah pembinaan KONI Kota Cirebon. Pembinaan tetap harus ada dan berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cirebon, Sutikno, menjelaskan, setelah Popkota Cirebon 2022 rampung selanjutnya ada pembinaan kepada para atlet. Berdasarkan data, ada 7.350 atlet dan yang terjaring sudah berprestasi sebanyak 2.254 atlet.

“Tahun ini ada tambahan cabor. Sebelumnya tidak sampai 20 cabor tetapi tahun ini ada 22 cabor. Tahun depan pun kami akan tingkatkan kembali, terutama untuk olahraga prestasi,” ungkap Sutikno.

Ia menambahkan, Popkota Cirebon menjadi basis untuk menyiapkan atlet pada ajang Porprov 2023 di Bandung.

“Kami lakukan pemetaan atlet. Semoga para atlet bisa berkontribusi untuk daerah,” pungkas Sutikno

(zag/pojokjabar)