Usia 12 Tahun ke Atas Masuk Cirebon Wajib Tunjukan Hasil Rapid Test

(Ilustrasi) rapid test covid-19.

(Ilustrasi) rapid test covid-19.


POJOKJABAR.id, CIREBON – Pengunjung destinasi wisata di Kota Cirebon kini wajib membekali diri dengan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau Reserved Transcriptae Polymerase Chain Reactin (RT-PCR).

Sementara, aktivitas publik dibatasi hanya sampai pukul 21.00 WIB. Mengantisipasi penyebaran Covid-19 selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis menetapkan sejumlah ketentuan yang menyangkut pembatasan aktivitas publik.

Sekalipun tak melarang masyarakat berwisata ke objek-objek wisata di Kota Cirebon, belakangan dia memberlakukan pengetatan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“Mewajibkan pengunjung (tujuan wisata) di atas usia 12 tahun untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Uji Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang dikeluarkan paling lama 3 x 24 jam (3 hari) sebelum keberangkatan,” katanya.

Selain itu, jumlah pengunjung destinasi wisata pun dibatasi, dengan memberlakukan sistem reservasi dan pendataan wisatawan. Secara umum, dia mengingatkan, setiap pengunjung bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing serta tunduk dan patuh terhadap prokes.

Pemkot Cirebon sendiri telah melarang segala bentuk aktivitas/kegiatan perayaan Tahun Baru 2021, baik di tempat tertutup maupun di tempat terbuka, termasuk segala bentuk aktivitas/kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan massa.

“Aktivitas/kegiatan usaha perdagangan dan jasa pada malam pergantian Tahun Baru 2021 dibatasi sampai dengan pukul 20.00 WIB,” ujarnya.

Namun, pembatasan waktu operasional itu tak berlaku bagi aktivitas/kegiatan pada fasilitas pertahanan dan keamanan, pelayanan kesehatan, jasa perbankan, distribusi logistik, pekerjaan konstruksi, unit produksi yang membutuhkan proses berkelanjutan setelah mendapat izin yang diperlukan dari Kementerian Perindustrian, unit produksi barang ekspor, unit produksi barang pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan (pakan, pupuk, obat-obatan, peralatan, dan Iain-lain), industri mikro dan kecil, rumah potong hewan, apotik, SPBU, dan jasa penyedia akomodasi (khusus untuk penerimaan tamu menginap).

Terakhir, pihaknya juga membatasi aktivitas/kegiatan masyarakat di luar rumah pada malam pergantian Tahun Baru 2021 hanya sampai pukul 20.00 WIB.

Sampai hari ini, tercatat 1.938 kasus Covid-19 di Kota Cirebon. Dari jumlah itu, 73 orang meninggal dunia, 270 orang masih isolasi, dan 1.595 orang pulih.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds