Hindari Klaster Lapas, Warga Binaan dan Pegawai Lapas Dilakukan Tes Swab

Warga binaan di Lapas Kelas 1 Cirebon lakukan tes swab. Dede

Warga binaan di Lapas Kelas 1 Cirebon lakukan tes swab. Dede


POJOKJABAR.com, CIREBON – Sebanyak 107 pegawai dan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas I Cirebon melakukan swab tes untuk mencegah penyebaran Covid – 19.

Tes swab dilakukan terhadap 50 warga binaan kosentrasi pidahan dari Lapas Cipinang Jakarta, 50 pegawai lapas dan 7 warga binaan yang sering kontak dengan pegawai Lapas atau Taping.

Kepala Keamanan Lapas Kelas 1 Cirebon Sukarno Ali mengatakan sebelumnya Lapas kelas 1 Cirebon mendapat kiriman 50 warga binaan dari Lapas Cipinang Jakarta, ke 50 warga binaan tersebut langsung di isolasi di kamar khusus tidak di gabungkan dengan warga binaan lainnya.

“Setelah dilakukan Rapid Tes terhadap 50 warga binaan kirimanan Cipinang, 15 dinyatakan reaktif, 4 postif terpapar Covid – 19 dan langsung dilakukan pemisahan kamar. Keberadaan mereka sudah 35 hari di sini sampai sekarang di lakukan swab tes,” tuturnya Kamis (15/10/2020)

Ali melanjutkan saat di karantina ke 50 warga binaan tetap di berikan vitamin dan olahraga. Kemudian, seminggu setelah dinyatakan positif terpapar Covid – 19, dilakukan tes swab ulang dan hasilnya negatif Covid – 19.

“Setelah di lakukan swab ulang, ke 4 warga binaan yang positif, sekarang hasilnya sudah negatif,” ujarnya

Pihaknya mengaku bersyukur lantaran 4 yang sebelunya dinyatakan positif bisa kembali sembuh. Sehingga mereka bisa kembali beraktifitas.

“Mereka rutin dilakukan treatmen, olahraga, pemberian vitamin, dan lain-lain. Itu dilakukan agar mereka bebas dari covid-19,” ujarnya.

Rencananya, hasil 107 pegawai dan warga binaan yang melakukan tes swab akan keluar pada Senin (19/10/2020). Apabila, nanti ada yang di nyatakan positif terpapar Covid – 19, akan disiapkan dua blok karantina

(dat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds