PT Long Rich Digruduk Ratusan Warga

Warga berkumpul di sekitar pembangunan proyek. Dede

Warga berkumpul di sekitar pembangunan proyek. Dede


POJOKJABAR.com, CIREBON – Ratusan warga mendatangi lokasi proyek PT Long Rich, meminta pertanggung jawaban atas nasib mereka, akibat dampak pembangunan pabrik sepatu di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon.

Masyarakat sekitar pembangunan pabrik sepatu PT Long Rich Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Cirebon Timur (AMCT) melalui perwakilannya, Ustad Rifky Saehudin mengungkapkan, pembangunan PT Long Rich telah berdampak hilangnya pekerjaan para petani yang masih bertanam disekitar lokasi pabrik karena tersumbatnya saluran irigasi serta terputusnya akses jalan pertanian.

“Untuk itu perusahaan harus bertanggungjawab atas hal tersebut dengan mempekerjakan mereka yang saat ini menganggur dan membenahi saluran irigasi serta akses jalan pertanian yang tertutup,” tuturnya

Selain itu menurut Rifky, pada saat pembangunan yang sekarang sedang berjalan, perusahaan juga harus memperhatikan dampak daripada mobilisasi kiriman material atau jasa angkutan barang yang
menggunakan akses jalan yang berdampak kurang baik.

Armada kendaraan bermuatan barang kiriman material tersebut dan juga dampak pencemaran udara yang harus mereka rasakan, perusahaan diminta duduk bersama dengan masyarakat atas kondiai tersebut.

“Pada dasarnya kami mendukung adanya pembangunam pabrik sepatu PT Long Rich ini, tetapi perusahaan harus memperhatikan masyarakat sekitar, perusahaan bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya peluang kerja baik saat pembangunan maupun saat beroperasinya pabrik tersebut. “ungkapnya.

Sementara Kapolresta Cirebon Kombes M. Syahduddi melalui Kasat Intel Polresta Cirebon Kompol Sudira yang menampung aspirasi warga, mengungkapkan, pihaknya berjanji akan memfasilitasi apa yang menjadi tuntutan mereka yang sudah dirangkum dalam selembar catatan untuk disampaikan kepada pimpinan agar pihak perusahaan bersama Forkopimda Kabupaten Cirebon.

“Masyarakat duduk bersama membahas solusi tuntutan masyarakat tersebut, mudah-mudahan bisa mengakomodir atau meminimalisir apa yang menjadi keluhan-keluhan masyarakat di Cirebon Timur ini, “paparnya.

(dat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds