Praktisi Penerbangan Ungkap Prediksi Jurusan Transportasi Udara

Para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon./Foto: Istimewa

Para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, CIREBON– Pandemi Covid-19 belum berakhir, dan gelombang pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2020 / 2021 di kampus swasta masih terus mengalami peningkatan.

Hasil seleksi masuk perguruan tinggi negeri dari berbagai jalur berberapa waktu lalu. Kampus  swasta berkompeten juga memiliki beragam jurusan yang potensial untuk masa depan.

Seperti Universitas Muhammadiyah Cirebon memiliki jurusan khusus untuk para calon mahasiswa yang ingin berkarir di industri penerbangan indonesia.

Seperti jurusan D3 Ilmu Kehumasan Transportasi Udara dengan akreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sebagai satu – satunya di Cirebon, bahkan di Jawa Barat.

Sehingga lulusanya pun akan mudah terserap dan memiliki lapangan kerja yang luas di berbagai sektor industri penerbangan.

“Industri penerbangan tidak ada matinya, kecuali saat ini ya karena dihantam Covid-19 penerbangan lumayan lesu, tapi di kemudian hari jika pandemi ini selesai industri penerbangan mulai bangkit 100 persen, maka pasti membutuhkan SDM banyak sekali,  terus continue dan tentu minimum jenjang pendidikanya harus D3” kata Anton Octavianto selaku Praktisi Penerbangan, Rabu (9/9/2020).

Sementara, staf bagian kurikulum jurusan D3 Ilmu Kehumasan Transportasi Udara, Atikah indriyati mengatakan, pola penerapan kegiatan belajar mengajar di jurusan ini yaitu 40 persen ilmu humas (komunikasi) 40 persen ilmu penerbangan dan 20 persen ilmu umum.

Mahasiwa akan jalani perkuliahan selama 3 tahun kemudian di jelang akhir semester mahasiswa akan diikuti program Visit Airport dan On Job Training (OJT).

“Hal itu tujuanya agar mendaptkan ilmu selama perkuliahan di kelas mahasiswa juga diharapkan mampu mengaplikasikanya melalui praktek langsung ke lapangan, yaitu bandara,atau kantor instansi pemerintah maupun maskapai,” katanya

Perihal lapangan kerja, kata Atikah sangat terbuka dan banyak peluang sekali, bagi lulusanya semuanya bisa langsung bekerja di industri penerbangan di berbagai divisi, baik di ground staff, pramugari, publci relation maskapai atau bisa juga di instansi pemerintah yang menaungi penerbangan Indonesia dalam hal ini adalah Angkasa Pura.

 

(ega/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds