Atasi Sampah Liar Jadi Program Utama Karang Taruna Desa Gombang

Karang Taruna Merpati Putih saat membersihkan sampah liar. Dede

Karang Taruna Merpati Putih saat membersihkan sampah liar. Dede


POJOKJABAR.com, CIREBON – Guna mengatasi permasalahan klasik seperti sampah. Karang Taruna Merpati Putih Kebersihan lingkungan merupakan salah satu program prioritas.

Permasalahan sampah liar memang selalu menjadi polemik diberbagai daerah. Sehingga Karang Taruna Merpati Putih, yang dimotori Azis Muslimin usai berkoordinasi dengan pihak desa Gobang, menggambil langkah untuk mencanangkan gerakan sadar kebersihan lingkungan.

“Sejak saat itu pemerintah desa dan karangtaruna melakukan sosialisasi dan edukasi ke RT dan warga dengan serangkain kegiatan kerja bakti bersih2 lingkungan di tiap RT tersebut,” papar Azis

Azis melanjutkan, titik – titik penumpukan sampah langsung dibersihkan oleh warga, dan sudah dilakukan sejak Januari 2020. Hingga saat ini sudah berkordinasi dengan 17 RT dari 27 RT.

“Mudah – mudahan dalam waktu dekat program ini bisa menjangkau seluruh warga desa Gombang, sehingga masalah sampah bisa terjawab,” ujarnya.

Dalam melakukan sosialisasi kata Azis agak mengalami kesulitan, karena warga yang majemuk dengan tingkat pemikiran berbeda. Meskipun begitu, apabila dilakukan dengan sabar dan santun.

“Sebenarnya warga juga mengerti dan mereka umum nya juga tidak ingin membuang sampah sembarangan. Tapi karena tidak adanya lahan atau tempat pembuangan sampah akhir nya mereka membuang sampah dimana aja,” tuturnya.

Karang Taruna berencana membagi zona TPS menjadi 3 titik untuk memudahkan mobilisasi dan pengontrolan sampah sehingga tidak membludak di satu wilayah saja.

“Apabila masyarakat sudah tertib membuang sampah pada tempat nya, baru kami edukasi lagi untuk sampah itu di pilah2 sehingga akan memudahkan dalam pengelolaannya,” pungkasnya

(dat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds