Pandemi Covid-19, Warga Binaan Lapas Cirebon Hanya Bisa Silaturahmi Secara Virtual

Warga binaan tengah bersilaturahmi dengan keluarga secara virtual. RMOLJabar

Warga binaan tengah bersilaturahmi dengan keluarga secara virtual. RMOLJabar


POJOKJABAR.com, CIREBON – Setelah berpuasa satu bulan lamanya, bersilaturahmi dengan sanak keluarga merupakan hal yang lazim dilakukan oleh masyarakat di hari raya lebaran. Tak terkecuali bagi warga binaan.

Pada hari itu, tidak sedikit masyarakat sengaja menyempatkan diri untuk menjenguk anak maupun sanak saudara yang sedang menjalani masa hukuman di lembaga pemasyarakatan sembari membawa berbagai macam makanan sebagai hantaran.

Di hari lebaran, ketupat dengan berbagai lauk pelengkapnya sudah pasti menjadi menu andalan.

Keadaan tersebut seperti yang terlihat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cirebon, Jalan Kesambi, Kota Cirebon, pada Minggu (24/5/2020).

Namun demikian, di tengah merebaknya wabah Corona atau Covid-19 seperti sekarang, masyarakat yang ingin menjenguk para warga binaan tidak dapat bertatap muka secara langsung. Mereka hanya dapat berkomunikasi secara virtual melalui media yang telah disediakan oleh pihak Lapas.

Kasi Bimkemas Lapas Kelas 1 Cirebon Erfin Kurniawan mengatakan, hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi risiko terjadinya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lingkungan Lapas.

“Waktu kunjungan kita buka empat hari. Dari hari pertama sampai hari ke empat nanti, mulai pukul 08.30 WIB sampai 14.30 WIB. Sementara lamanya waktu kunjungan sekitar 25 hingga 30 menit,” terangnya.

Di samping itu, ungkap Erfin, masyarakat yang ingin menjenguk pun diharuskan mengikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan, seperti mencuci tangan, melakukan tes suhu tubuh, hingga menggunakan masker.

“Untuk makanan yang dibawa pun kita jemur dulu di bawah terik matahari sebelum kemudian diberikan ke warga binaan,” demikian Erfin.

(rmlo/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds