Sungai Kalijaga Meluap, BMKG Jatiwangi Beberkan Prediksi Durasi Hujan

Sungai Kalijaga meluap./Foto: Istimewa

Sungai Kalijaga meluap./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, CIREBON– Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon melaporkan Sungai Kalijaga meluap dengan ketinggian saat ini kurang lebih 50 centimeter. Kelurahan Kalijaga menjadi daerah terdampak dari luapan sungai.

Pada pukul 19.55 WIB, ketinggian air yang masuk ke permukiman warga di Kelurahan Kalijaga naik 10 centimeter.

Berdasarkan pantauan di Sungai Cikalong pukul 18.48 WIB permukaan air sungai berada pada posisi 2,5 meter di bawah jembatan dengan aliran deras. Sementara pada pukul 18.43 Sungai Suba tinggi muka air kurang lebih 5 meter di bawah jembatan.

Pukul 19.55 WIB, air juga sudah melewati jembatan Sungai Pacit. Seperti diketahui, saat ini hujan masih mengguyur wilayah Kota Cirebon sejak pukul 17.15 WIB. Di Kabupaten Kuningan beberapa daerah juga turun hujan namun dilaporkan mulai reda.

Sementara, hujan deras kembali mengguyur wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka (Ciayumajakuning) sejak sore sekitar pukul 17.00 WIB. Akibat hujan deras, sejumlah wilayah di Cirebon mengalami banjir.

Seperti yang terjadi di Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Ketinggian air di RT 08 RW 03 Kelurahan Kalijaga mengalami peningkatan akibat luapan Sungai Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Dilaporkan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon, Sungai Kalijaga meluap dengan limpasan kurang lebih 50 centimeter. Pukul 19.55 WIB, ketinggian air yang masuk ke permukiman warga di Kelurahan Kalijaga naik 10 centimeter.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi menyebutkan, hujan diprediksi akan terus berlangsung hingga tiga jam kemudian. Karena itu warga diimbau untuk waspada terhadap ancaman bencana.

“Diimbau waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem di seperti hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang yang bisa menyebabkan potensi genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan lain-lain,” kata Ahmad Faa Izyn, Forecaster BMKG Jatiwangi saat dihubungi radarcirebon.com, Jumat (7/2).

Untuk diketahui, KPBD Kota Cirebon saat ini mulai melakukan evakuasi banjir yang sudah memasuki permukiman warga di wilayah Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Proses evakuasi dilakukan dengan menurunkan satu unit perahu karet.

(RC/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds