KKP Jelaskan Kronologis WNA Asal Cina Bisa sampai di Cirebon

Warga pakai masker antisipasi penyebaran virus verona. Dede

Warga pakai masker antisipasi penyebaran virus verona. Dede


POJOKJABAR.com, CIREBON – Kordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung wilayah kerja Cirebon, Wartoni masuknya kelima WNA asal Cina melalui Bandara Internasional Soekarno – Hatta melalui Bandara Internasional Hongqiao Shanghai.

Dari kelima WNA, salah satunya mengalami sakit sejak masih berada di Cina. Namun saat mendarat di Bandara Soekarno – Hatta, mereka harus melewati pemeriksaan kesehatan yang mendeteksi suhu tubuh.

Setidanya ada empat kamera pemindai suhu tubuh atau thermal scanner terpasang  di area kedatangan internasional terminal 3 Bandara Soekarno – Hatta.

Kamera tersebut berfungsi mendeteksi suhu tubuh penumpang dan kru pesawat yang baru tiba di bandara. Jika suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, alat ini akan memberikan notifikasi lewat suara dan menunjukkan warna merah monitor.

“Mereka akan melewati pemindai suhu tubuh kalau ada yang mencapai 38 derajat maka akan ada pemberitahuan ke petugas, dan di layar monitor akan berwarna merah,” kata Wartoni Rabu (4/2/2020)

Wartoni melanjutkan kelima WNA Cina tersebut lolos melewati pemindai suhu, dan akhirnya sampai di Cirebon. Pihaknya berasumsi, salah satu WNA yang mengalami sakit sedang mengkomsumsi obat penurun panas, sehingga lolos melewati pemindai suhu badan saat di bandara.

“Kenapa bisa lolos pemindai suhu badan, kami beramsumsi XC ini sedang mengkomsumsi obat penurun panas, sehingga lolos alat pemindai saat di Bandara Soekarno – Hatta,” tuturnya

Wartoni menambahkan kemungkinan kelima WNA tidak sedang berada di Wuhan, sehinnga bisa berpergian ke negara lain. Pasalnya, sejak 23 Januari 2020 Wuhan menutup akses warganya untuk keluar maupun masuk ke Wuhan.

“Ini asumsi saya, mereka tidak sedang berada di Wuhan, karena kalau mereka sedang berada Wuhan, maka tidak bisa keluar dari Wuhan, karena akses disana sudah ditutup tidak ada yang boleh keluar masuk,” ujarnya.

(dat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds