BKSDA Jabar Terima 3 Jenis Ular dari Damkar Cirebon, Ini Identitas Ularnya

Damkar Kota Cirebon serahkan satwa liar berupa tiga ekor ular ke BKSDA Provinsi Jawa Barat./Foto: Istimewa

Damkar Kota Cirebon serahkan satwa liar berupa tiga ekor ular ke BKSDA Provinsi Jawa Barat./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, CIREBON– Polisi Hutan dari BKSDA Provinsi Jawa Barat Ade Kurniadi Karim menjelaskan, dari tiga jenis ular yang diterimanya, sebanayak dua ular memiliki bisa tingkat tinggi, yakni kobra dan viper. Sedangkan Sanca Kembang memiliki lilitan yang mematikan.

“Kita akan pulihkan dulu kesehatan satwa ini. Kemudian kita akan lepasliarkan kembali ke wilayah yang jauh dari penduduk. Seperti pegunungan dan lainnya,” tandasnya.

Seperti diketahui, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon menyerahkan tiga ular kepada BKSDA Provinsi Jawa Barat. Ular tersebut dari jenis Kobra Jawa, Viper hijau dan Sanca Kembang.

Akhirudin Komandan Kompi Damkar mengatakan, ular tersebut merupakan laporan masyarakat. Kemudian pihaknya menangkap dan mengamankannya. Setelah diamankan pihaknya berkoordinasi dengan BKSDA untuk penanganan selanjutnya.

“Sebelumnya bila ada penangkapan satwa jenis ular, kami melepaskan kembali ke wilayah lain. Tapi kemudian masyarakat melaporkan kembali ular tersebut masuk ke pemukiman,” ujarnya.

“Baru setelah ada koordinasi dengan BKSDA, yang memiliki penanganan dan tempat melepaskan yang jauh dari penduduk,” jelasnya kepada Radarcirebon (Pojokjabar.com group), Kamis (30/1).

(RC/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds