Mulai Februari, Cirebon Bakal Dilaksanakan Liga Futsal

Ilustrasi Futsal.

Ilustrasi Futsal.


POJOKJABAR.com, CIREBON– Liga futsal pertama di Kota Udang itu akan dilaksanakan mulai bulan Februari mendatang.

Asosiasi Futsal Kota (Afkot) Cirebon langsung menggelar sosialisasi pelaksanaan Cirebon Futsal League (CFL) 2020.

Kamis siang (23/1), sosialisasi itu digelar di Aula KONI Kota Cirebon. Dipimpin Ketua Panitia, Yosep Triyono, sosialisasi dihadiri sejumlah pelatih, pembina serta perwakilan pemain futsal yang aktif di sektor pelajar. Ketua Afkot Cirebon, Amroni, optimistis CFL 2020 berjalan sukses.M

enurut Amroni, CFL akan menjadi langkah awal Afkot Cirebon dalam mencetak pemain andal lewat kompetisi resmi setelah sebelumnya menggelar turnamen bertajuk Piala AFKC di tahun 2019.

“Ke depan, kami ingin ada kompetisi yang digelar secara komprehensif di berbagai level dan jenjang usia. Kita mulai dari CFL 2020,” katanya.

Kompetisi tahun ini hanya melibatkan pemain di bawah usia 17 tahun. Berbeda dari rencana sebelumnya, pesertanya dibatasi hanya 12 tim. Dan khusus diperuntukkan bagi klub futsal putra yang mewakili instansi sekolah.

Yosep mengatakan, CFL perdana ini bekerja sama dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat. Oleh karena itu, pesertanya adalah klub futsal pelajar tingkat SMA atau yang sederajat.

“Tidak menutup kemungkinan ke depan akan berkembang terus. Melibatkan klub futsal yang aktif di tiap kecamatan atau kelurahan dengan kelompok usia pemain yang berjenjang,” kata Yosep.

CFL 2020 dibagi menjadi dua putaran. Putaran pertama yang merupakan babak penyisihan grup akan dihelat pada bulan Februari. Ke-12 tim nantinya akan dibagi dalam dua grup.

Dengan sistem setengah kompetisi, maka akan meloloskan empat tim dari dua grup tersebut menuju babak final four yang akan dihelat di putaran kedua pada April 2020.

“Jadi, durasinya enam hari di putaran pertama dan enam hari di putaran kedua. Di babak penyisihan grup masing-masing tim akan saling berhadapan. Berarti, akan ada lima pertandingan di setiap grup. Menariknya, di situlah kualitas dan konsistensi para pemain akan diuji,” pungkas Yosep.

(ttr/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds