Danlanal : Bela Negara Tidak Harus Angkat Senjata

Foto bersama usai pembukaan Perkemahan Bakti Genta Bahari. Dede

Foto bersama usai pembukaan Perkemahan Bakti Genta Bahari. Dede


POJOKJABAR.com, CIREBON – Sebanyak 200 anggota Pramuka dari berbagai sekolah se Kabupaten Kota Cirebon, mengikuti Perkemahan Bakti Genta Bahari, Pelatihan Bela Negara dan Kedisplinan Pangkalan TNI AL Cirebon 2019.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan Pelatihan Bela Negara dan Kedisplinan, merupakan pengembangan untuk Pramuka Saka Bahari Cirebon.

“Generasi muda adalah aset negara, maka mental haru dilatih sejak dini,” tutur Agung Sabtu (14/12/2019)

Agung melanjutkan rangkaian pelatihan bela negara yang dilakukan TNI AL, dilakukan secara serempak di tiga daerah yakni di Lanal Natuna, Lanal Cirebon dan Lanal Banyuwangi.

“Pelatihan bela negara dilakukan secara serempak di tiga daerah, Lanal Natuna, Lanal Cirebon dan Lanal Banyuwangi,” papar Agung

Sebelumnya, lanjut Agung, Lanal Cirebon sudah melakukan dua kegiatan yakni pameran Alutista, Joy Sailing dan perkemahan genta bakti bahari. Pelatihan bela negara difokus kan kepada generasi muda, khususnya pelajar Pramuka Saka Bahari.

“Tujuan pelatihan adalah memberikan pemafaham pada generasi muda mereka adalah aset negara yang harus mampu berkontribusi bela negara,” ujarnya

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, menyematkan ID ke peserta

Bela negara tidak harus angkat senjata, generasi muda merupakan komponen cadangan.

Generasi muda, khsusnya Pramuka Saka Bahari, yang akan kita berikan penyuluhan, pelatihan pentingnya bela negara, karena bela negara tidak harus angkat senjata, tidak seperti itu, apapun kontribusi posiif yang diberikan untuk kemajuan negara,” pungkasnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 200 anggota Pramuka Saka Bahari se-Kabupaten Kota Cirebon. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama dua hari 14 – 15 Desember.

Selama dua hari kedepan, anggota Pramuka Saka Bahari akan mendapatkan materi sesuai kebutuhan, Wawasan Nusantara / Kebangsaan, Kepemimpinan Lapangan, Kebaharian, dan Kepramukaan.

Selama pelatihan, anggota Pramuka Saka Bahari ini berada di bawah bimbingan Perwira Paspotmar Kapten Laut (S) Gilang Pradana Wicaksono.

(dat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds